1 Tottenham vs Chelsea 0, VAR Penakluk The Blues

Carabao Cup

TOTTENHAM-VS-CHELSEA-CARABAO-CUPBERBUAH PENALTI: Harry Kane dijegal kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga pada leg pertama babak semifinal Carabao Cup atau Piala Liga Inggris di Wembley Stadium, kemarin dini hari WIB. FOTO: FRANK AGUSTEIN/AP

LONDON – Chelsea harus mengakui keunggulan Tottenham Hotspur pada leg pertama babak semifinal Carabao Cup. Penalti kontroversial Harry Kane di menit ke-26 menjadi penakluk The Blues, julukan Chelsea.

Kemenangan 1-0 ini menjadi modal bagus Spurs untuk melangkah ke babak final menghadapi calon pemenangan semifinalis lainnya, Manchester City versus Burton Albion yang baru bertanding dini hari tadi WIB. Pada leg kedua 24 Januari nanti, The Lilywhite –julukan Tottenham- hanya butuh hasil seri untuk memastikan langkah ke partai puncak.

Manajer Spurs, Mauricio Pochettino menyebut, kemenangan di leg pertama sangat penting karena Chelsea mampu mendominasi pertandingan. “Kami bisa bermain lebih baik, tetapi jujur saja, bermain melawan tim seperti Chelsea selalu sulit,” kata Pochettino di situs resmi Spurs.

Prediksi Poche, leg kedua bakal lebih ketat karena mereka harus bermain di Stamford Bridge, markas Chelsea. Karena itu, pelatih asal Argentina tersebut meminta pemainnya bisa menunjukkan performa bagus dua pekan ke depan. “Kami harus bahagia. Tapi ini baru separuh perjalanan,” ujarnya.

Kane yang mencetak gol ke 160-nya bersama Spurs, membawanya ke posisi keempat daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa The Lilywhite. “Itu semifinal yang tepat. Dua tim bagus bermain sepak bola bagus dan itu sulit untuk saling mencetak gol,” kata Kane.

Sementara, kubu Chelsea sangat kecewa dengan kekalahan tersebut. Manajer Chelsea, Maurizio Sarri secara khusus memprotes wasit dan penggunaan Video Assistant Referee (VAR) untuk menentukan penalti tuan rumah yang menjadi satu-satunya gol di Wembley Stadium, dini hari kemarin WIB.

Wasit Michael Oliver memberi hadiah penalti setelah kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga menjatuhkan Kane di kotak terlarang saat menyongsong umpan Toby Alderweireld. Sebelum menunjuk titik putih, Oliver menggunakan VAR untuk menentukan apakah Kane off-side atau tidak. Sudut kamera yang digunakan mengonfirmasi Kane on-side.

Namun, Sarri mengatakan, sudut kamera lain dengan jelas membuktikan Kane off-side. “Saya menonton video dari kamera kami. Itu off-side. Kamera kami selurus dengan Harry Kane. Dia off-side dengan kepala dan lutut. Sangat penting hakim garis melihat itu. Ini memiliki dampak besar pada pertahanan kami,” tegas Sarri.

Sarri menyebut, penalti kontroversial itu membuktikan wasit Inggris belum mengerti penggunaan VAR. Mantan pelatih Napoli itu juga menegaskan bahwa sangat aneh VAR dipakai di Piala Liga Inggris saat Premier League belum menerapkannya. (amr)

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur (4-4-2): Gazzaniga, Trippier, Sanchez, Alderweireld, Rose, Winks (Skipp 89), Sissoko, Eriksen (Llorente 90 +1), Dele, Son (Lamela 79), Kane

Chelsea (4-3-3): Arrizabalaga, Azplicueta, Christensen, Rudiger, Alonso, Jorginho, Kante, Barkley (Kovacic 75), Willian (Pedro 63), Hazard, Hudson-Odoi (Giroud 80)