130 Rumah di Haurgeulis Rusak Diterjang Angin

Camat Rory Firmansyah bersama jajaran Muspika dan Pemdes memonitor upaya perbaikan rumah rusak yang diterjang angin ribut. FOTO:SATLAK PBA HAURGEULIS FOR RADAR INDRAMAYU
Camat Rory Firmansyah bersama jajaran Muspika dan Pemdes memonitor upaya perbaikan rumah rusak yang diterjang angin ribut. FOTO:SATLAK PBA HAURGEULIS FOR RADAR INDRAMAYU

CIREBONSatuan Pelaksana Penanggulangan Bencana Alam (Satlak PBA) Kecamatan Haurgeulis mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap bencana. Terutama saat terjadi hujan deras disertai angin kencang.

Kewaspadaan dibutuhkan menyusul terjadinya bencana angin ribut yang menghantam 4 desa diwilayah Kecamatan Haurgeulis. Yakni Desa Haurgeulis, Sumbermulya, Mekarjati dan Haurkolot. Terdata sebanyak 130 unit rumah warga yang mengalami kerusakan.

Hantaman terparah menimpa Desa Mekarjati. Tercatat sebanyak 103 unit rumah rusak, satu di antaranya rusak parah. Kerusakan mayoritas pada bagian atap yang beterbangan disapu angin. “Pasca bencana, upaya recovery langsung dilakukan oleh masyarakat, pemerintah desa dibantu jajaran TNI dan Polri,” kata Camat Haurgeulis Rory Firmansyah SSTP MSi kepada Radar Indramayu disela memonitor perbaikan rumah rusak di Desa Haurkolot, Kamis (17/1).

Peristiwa angin ribut terjadi pada Selasa Sore (15/1) sekitar pukul 17.45 saat hujan deras disertai angin kencang menerjang wilayah Kecamatan Haurgeulis dan sekitarnya. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Hanya saja, selain ratusan rumah warga, pohon-pohon besar ikut tumbang.

Sesaat setelah bencana terjadi pihaknya bersama unsur Muspika dan Satlak PBA langsung terjun ke lokasi yang dihantam musibah angin ribut. Ketika itu juga anggota TNI, Polisi dan Satpol PP dikerahkan untuk melakukan upaya meredam kepanikan warga sekaligus melakukan evakuasi para korban ketempat lebih aman.

Sehari setelahnya, upaya recovery langsung dilakukan terhadap ratusan rumah penduduk yang mengalami kerusakan. Perbaikan rumah menjadi fokus utama, karena sangat penting untuk tempat berlindung warga dari guyuran hujan yang saat ini intensitasnya terus meningkat

“Saat ini situasi sudah kondusif, aktivitas masyarakat kembali normal namun kami terus mengimbau agar masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya bencana alam,” tandas Rory. (kho)

Yuk! Baca Juga, Berita Terkaitnya

Terkini Lainnya