20 Kecamatan di Kuningan Masuk Daftar Zona Bencana Alam, Ini Daftarnya

Material longsoran Bukit Bagarurung di Desa Cimenga Kecamatan Darma mendekati pemukiman warga sehingga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. FOTO: BPBD KUNINGAN FOR RADAR KUNINGAN
PANTAU LONGSOR: Material longsoran Bukit Bagarurung di Desa Cimenga Kecamatan Darma mendekati pemukiman warga sehingga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. FOTO: BPBD KUNINGAN FOR RADAR KUNINGAN

KUNINGAN –  Wilayah Kabupaten Kuningan ternyata masuk wilayah rawan bencana alam. Kondisi alam yang berbukit-bukit ditambah curah hujan cukup tinggi setiap tahunnya membuat potensi bencana selalu ada.

Warga pun diminta untuk selalu waspada setiap kali hujan deras terus mengguyur di wilayahnya. Kewaspadaan dan kesiagaan warga mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana, menjadi andalan guna meminimalkan terjadinya korban jiwa.

Tercatat ada 20 kecamatan yang masuk dalam daerah rawan bencana alam. Dari 20 kecamatan itu, tujuh kecamatan masuk pada potensi gerakan tanah menengah, dan 13 kecamatan sisanya masuk potensi gerakan tanah tinggi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin menerangkan, ke 13 kecamatan yang berada dalam pergerakan tanah tinggi adalah Kecamatan Subang, Selajambe, Garawangi, Cidahu, Pasawahan, Ciwaru, Karangkancana, Cigugur, Jalaksana, dan Lebakwangi.

“Kemudian Kecamatan Ciawigebang, Ciniru, Luragung, dan Cibingbin. Sementara tujuh kecamatan yang berpotensi pergerakan tanah menengah yaitu Kecamatan Cilimus, Kuningan, Kramatmulya, Mandirancan, Kadugede, Pasawahan, dan Darma,” papar Agus.

Dia menjelaskan, wilayah yang mempunyai potensi pergerakan tanah tinggi itu berada di wilayah timur dan selatan Kuningan seperti Cibingbin, Cidahu, Ciwaru, dan Karangkancana. Kondisi curah hujan tinggi sangat berpotensi memicu pergeseran tanah. Karena itu, tak heran dalam beberapa waktu terakhir daerah tersebut kerap dilanda tanah longsor.

Sementara pada zona berpotensi menengah berada pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau lereng yang mengalami gangguan. Kondisi itu juga sangat dipengaruhi dengan curah hujan di atas normal.

“Perlu diwaspadai juga untuk daerah Kecamatan Pasawahan, Jalaksana, dan Mandirancan yang berada di daerah berbukit dan terdapat banyak sumber mata air, pergerakan tanah di daerah tersebut tergolong menengah-tinggi, namun berpotensi terjadi banjir bandang,” katanya.

Daftar Kecamatan di Kuningan yang Rawan Bencana

Subang

Selajambe

Garawangi

Cidahu

Pasawahan

Ciwaru

Karangkancana

Cigugur

Jalaksana

Lebakwangi

Ciawigebang

Ciniru

Luragung

Cibingbin

Cilimus

Kuningan

Kramatmulya

Mandirancan

Kadugede

Pasawahan

Darma

(ags)

Yuk! Baca Juga, Berita Terkaitnya

Terkini Lainnya