2019, Perpusda Kabupaten Cirebon Buka Tiap Hari

Kasi Pelayanan Perpusda Kabupaten Cirebon H Harcan SSos (depan) menunjukkan salam literasi. Tahun 2019, Perpusda berencana membuka layanan setiap hari. FOTO:ADE GUSTIANA /RADAR CIREBONKasi Pelayanan Perpusda Kabupaten Cirebon H Harcan SSos (depan) menunjukkan salam literasi. Tahun 2019, Perpusda berencana membuka layanan setiap hari. FOTO:ADE GUSTIANA /RADAR CIREBON

CIREBON-Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Cirebon berencana membuka pelayanan setiap hari pada tahun 2019 mendatang. Terobosan itu untuk memberikan kesempatan bagi pegiat literasi seperti karyawan atau pelajar yang biasa menjalani kesibukannya di hari kerja.

Guna menyosialisasikan rencana tersebut, pada bulan Oktober lalu Perpusda terlebih dahulu menambah hari layanannya. Yakni di hari Sabtu pukul 09.00 hingga 13.00. Sebelumnya, operasional Perpusda dibuka Senin hingga Jumat pukul 08.00 sampai 15.00.

Rencana tersebut dilakukan sebagai upaya memberikan kesempatan membaca kepada pelajar yang sekolahnya menerapkan sistem Full Day atau kepada karyawan yang umumnya bekerja pada hari Senin hingga Jumat.

“Semenjak bulan Oktober, Perpusda sudah membuka layanan di hari Sabtu. Dan merupakan sosialisasi, yang Insya Allah tahun depan (2019,red) akan dibuka setiap hari. Sejauh ini responsnya bagus. Mereka yang biasa sekolah atau bekerja dapat berkunjung di hari Sabtu,” tutur H Harcan SSos, Kasi Pelayanan Perpustakaan.

Dilanjutkan, untuk mempromosikan dan menumbuhkan minat baca khususnya kalangan pelajar, pihaknya telah melakukan beberapa upaya. Diantaranya, mengadakan perpustakaan keliling yang dijadwalkan Senin hingga Kamis, mempromosikan dengan kegiatan merajut, dan kunjungan dari sekolah pada hari Selasa hingga Kamis.

Dengan dilakukannya berbagai upaya tersebut, dirinya berharap masyarakat dapat lebih mengetahui keberadaan perpustakaan yang ada di Kabupaten Cirebon dan sadar akan pentingnya budaya literasi sebagai ilmu pengatahuan.

Salah satu pengunjung perpustakaan yang juga mahasiswa semester 8, Agung Gunawan menyambut baik rencana tersebut. Dirinya berharap, pembaca dapat lebih aktif dan dapat memanfaatkan waktu libur dengan mengunjungi perpustakaan.

“Selama ini yang saya lihat anak sekolah ketika mengunjungi perpustakaan sore hari menjelang tutup. Mungkin karena mereka baru pulang sekolah juga. Dengan direncanakan buka di hari Minggu tahun 2019 mendatang, tentunya sangat bagus,” ujar pria asal Kelurahan Babakan, Kecamatan Sumber. (ade)