243 Siswa SMK Kesehatan Banten PKL di Kuningan

PKL SISWA : Para Guru dan siswa SMK Kesehatan Banten yang akan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Kecamatan Nusaherang saat penerimaan di RM Lembah Ciremai, Senin (31/10). FOTO : TAUFIK/RADARCIREBON.COM

KUNINGAN – Sebanyak 243 siswa kelas 12 SMK Kesehatan Banten akan menjalani masa Praktik Kerja Lapangan (PKL) selama dua pekan di Desa Cikadu dan Nusaherang, Kecamatan Nusaherang.
Para siswa dari tiga jurusan yaitu Jurusan Keperawatan, Analis dan Farmasi tersebut, tiba di Kuningan Senin (31/10) pagi diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan Raji K Sarji di rumah makan Lembah Ciremai. Kepala SMK Kesehatan Banten Dr Mahmudin mengatakan, selama hampir dua pekan, para siswa tersebut akan tinggal di rumah warga dan berinteraksi, melakukan penelitian sekaligus menganalisa tingkat kesenjangan kesehatan di daerah tersebut.

“Kegiatan PKL ini sebagai bentuk implementasi ilmu dan teori yang didapat para siswa selama di sekolah. Selama 12 hari para siswa akan melakukan penelitian dan menyebar kuesioner mengambil data tentang kemungkinana adanya kesenjangan kesehatan warga di sana berdasarkan usia, tingkat ekonomi, lingkungan hingga kondisi kesehatannya untuk kemudian dianalisa,” kata Mahmudin.

Dari data tersebut, lanjut Mahmudin, kemudian dibuat laporannya dan diperesentasikan dalam musyawarah masyarakat desa di Balai Desa setempat. Tidak menutup kemungkinan, dari hasil penelitian para siswa tersebut ditemukan permasalahan kesehatan yang selama ini tidak terungkap yang kemudian dibahas bersama untuk dicarikan solusinya bersama-sama.

Menurut Mahmudin, dari kegiatan PKL tersebut diharapkan dapat menumbuhkan sikap kedewasaan, kemandirian serta kepercayaan diri para siswa dalam berhubungan dengan masyarakat. Hal ini sangat penting mengingat ilmu kesehatan yang mereka geluti sangat berkaitan erat dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan sekitar.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan Raji K Sarji mengapresiasi kegiatan PKL para siswa SMK Kesehatan Banten yang kali ini memasuki tahun ke enam tersebut. Menurut dia, segala masukan dan informasi para siswa dari hasil penelitian selama PKL diharapkan dapan menjadi informasi berharga dalam meningkatkan kualitas kesehatan di masyarakat Kabupaten Kuningan, khususnya di Kecamatan Nusaherang menjadi lebih baik. (taufik)

Berita Terkait