306 Siswa di Majalengka Ikuti Seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka

458
TES FISIK: Ratusan pelajar mengikuti seleksi calon anggota pasukan pengibar bendera pusaka (capaska) tingkat Kabupaten Majalengka di lapangan Gelanggang Generasi Muda (GGM) Majalengka. FOTO: ALMUARAS/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Ratusan peserta mengikuti seleksi calon anggota pasukan pengibar bendera pusaka (capaska) tingkat Kabupaten Majalengka di lapangan Gelanggang Generasi Muda (GGM) Majalengka, belum lama ini.

Kepala Dinas Pemuda dan olahraga (Dispora) Kabupaten Majalengka, Agus Permana menyebutkan, ada 306 peserta putra-putri yang mengikuti seleksi anggota Capaska Kabupaten Majalengka. Tim seleksi capaska melibatkan Kodim 0617 Majalengka, Yonif 321 Galuh Taruna, PPI dan panitia dari dispora.

Agus menyebutkan, selain tes fisik, peserta diseleksi kemampuan peraturan baris berbaris (PBB), tes akademik dan mental peserta juga diuji. Sebanyak 34 dari 306 peserta yang diplih, dilatih dan digembleng untuk menjadi petugas pasukan pengibar bendera merah putih HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus.

“Kami memilih peserta terbaik seobyektif mungkin agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” beber Agus diiyakan Kabid Kepemudaan, Momon Lentuk.

Menurut Momon, para peserta hasil seleksi akan menjalani latihan setiap minggu. Pada 9 Agustus mendatang, mereka juga menjalani pemusatan latihan.

“Kami berharap dari Kabupaten Majalengka ada yang terplih menjadi capaska di Provinsi Jawa Barat dan nasional,” harapnya.

Tim seleksi Kodim 0617 Majalengka, Peltu inf Rusmanto menegaskan, seleksi utama Capaska adalah fisik. Karena itu pada tes fisik ini para peserta menjalani lari mengitari lapangan GGM selama 12 menit, push up dan sit up.

Adapun syarat peserta capaska selain siswa kelas X SMA/SMK juga memiliki tinggi badan untuk putra minimal 165 cm dan putri minimal 158 cm. Sebelum tes peserta, juga menjalani tes kesehatan oleh petugas PMI. (ara)

BAGIKAN