oleh

9 Negara Sahabat Meriahkan Tour de Linggarjati

KUNINGAN – Sebanyak 401 pembalap nasional dan internasional memastikan diri ikut bagian dalam kejuaran sepeda internasional Tour de Linggarjati (TdL), Jumat-Minggu (13-15/9). Ketua Panitia Tour de Linggarjati Agus Sadeli mengatakan, animo peserta pada TdL kali ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Bahkan pembalap asing yang ikut pun kini lebih banyak. Tercatat ada sembilan negara sahabat yang ikut ambil bagian yaitu dari negara Malaysia, Singapura, Filipina, Kamboja, Rusia, Jerman, Slovenia, Iran dan Spanyol.

“Satu hal yang cukup membanggakan adalah animo peserta TdL dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hingga saat ini yang sudah memastikan ikut ambil bagian berjumlah 401 pembalap, sebagian di antaranya berasal dari sembilan negara sahabat. Artinya kepercayaan publik terhadap pelaksanaan event ini juga semakin baik,” ungkap Agus saat jumpa pers di Pendopo Kabupaten Kuningan, Selasa (10/9).

Agus mengatakan, secara umum kesiapan pelaksanaan balap sepeda Tour de Linggarjati sudah mendekati 100 persen. Mulai dari infrastruktur jalan yang akan dilalui para pembalap, akomodasi untuk para atlet hingga berbagai hiburan dan kemeriahan lainnya.

“Tour de Linggarjati tahun ini akan menempuh rute melintasi 117 desa di 23 kecamatan yang ada di Kuningan. Kami sudah instruksikan kepada seluruh camat dan kepala desa untuk turut serta menyukseskan agenda tahunan kebanggaan Kabupaten Kuningan ini, salah satunya melibatkan petugas Linmas di setiap desa yang dilintasi untuk berjaga mengamankan lintasan,” ujarnya.

Adapun kehadiran atlet balap sepeda nanti, kata Agus, direncanakan akan tiba di Kuningan pada hari ini (11/9) yang semuanya akan menginap di Grand Cordela Hotel. Sehari sebelum menjalani lomba, para atlet tersebut akan diajak mengikuti city tour mengunjungi sejumlah tempat wisata yang ada di Kabupaten Kuningan.

Tak hanya itu, berbagai hiburan dan kemeriahan pun telah disiapkan untuk menyambut para atlet dan official saat acara welcome party. Selain tampilan seniman asal Kuningan, kegiatan Tour De Linggarjati juga akan dimeriahkan dengan Kuldesak atau Kuliner Dewi Sartika dan Festival Tour de Linggarjati yang akan menampilkan produk untuk penghobi sepeda. Tak hanya itu, para penggemar hobi fotografi juga bersiap-siap memeriahkan acara melalui kegiatan Lomba Foto Tour de Linggarjati.

Sebagai daya tarik bagi para wisatawan yang akan menyaksikan TdL, akan disuguhkan kebudayaan dari berbagai desa yang dilalui oleh peserta TdL. Serta masyarakat dengan sukarela akan menyediakan warung amal dengan menyajikan makanan khas tiap desa. Dalam event fun bike bahkan panggung utama siap dimeriahkan oleh artis-artis ibukota, seperti Hesty Klepek, Alif Aulia – Lida, Dimas Tedjo – Lida dan lain sebagainya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda menyampaikan bahwa dirinya sebagai pimpinan daerah, cukup berbangga hati meski dengan keterbatasan sumber daya, namun Kuningan mampu menyelenggarakan event internasional secara konsisten dan berjalan dengan lancar. Bahkan animo peserta pun melebih target hingga hampir dua kali lipat dibanding tahun lalu.

“Saya berharap kegiatan ini akan mampu mendongkrak kunjungan wisata serta pembangunan di bidang kepariwisataan di Kabupaten Kuningan. Oleh karena itu kami sangat berharap partisipasi masyarakat Kabupaten Kuningan untuk ikut serta menyukseskan Tour de Linggarjati ini, dan menyambut kedatangan para wisatawan dengan penuh suka cita dan keramahtamahan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Dian Rachmat Yanuar menekankan bahwa buah manis dari kegiatan ini akan dirasakan oleh masyarakat dalam hal perputaran roda ekonomi. Konsistensi selama lima kali pelaksanaan makin menguatkan dukungan tidak hanya dari Kemenpar RI, tapi juga dari Kemenpora RI. Bahkan setelah berkesempatan bertemu langsung dengan Gubernur Jawa Barat, Pemprov Jabar akan menetapkan Kuningan sebagai lokasi setiap kejuaraan sepeda yang digelar di Jawa Barat.

“Jika kepercayaan pihak luar sedemikian besarnya untuk Kuningan, saya berharap warga Kuningan juga dapat menangkap hal tersebut sebagai peluang untuk berkembang. Jadilah tuan rumah yang baik”,” ungkapnya. Mengakhiri pernyataannya, Dian juga menyampaikan permohonan maaf jika aktivitas rutin warga sedikit terganggu dengan adanya perhelatan ini. (fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed