oleh

Acara C-Fest Usai, Warga Boleh Naik Citros

CIREBONCirebon Tourism on Bus (Citros) akan dioperasikan secara terbatas. Setelah kedatangannya, Jumat dini hari (15/2), bus wisata terbuka ini akan digunakan untuk event Cirebon Festival (C-Fest). Di event itu Citros akan diluncurkan secara resmi. Kemudian digunakan untuk membawa tamu dari Keraton Kasepuhan menuju venue Sound of Sunyaragi.

Ketua Organda Kota Cirebon Karsono menargetkan Citros bisa dipakai untuk umum setelah C-Fest.  Untuk sementara ini, pengelola akan melakukan pengukuran jarak tempuh dari masing-masing destinasi. Survei ini akan dipakai untuk menghitung estimasi biaya BBM dan lainnya. “Ini juga menentukan berapa menit sekali Citros lewat. Juga menghitung waktu tempuh wakau lenggang dan crowded,” ujarnya kepada Radar Cirebon.

Survei ini, kata dia, berhubungan dengan sistem yang dirancang supaya wisatawan bisa melihat durasi waktu kedatangan bus sampai di halte. Dalam waktu dekat Citros ini akan dipakai keliling sekaligus untuk bahan promosi.

Dalam acara C-Fest sendiri, Karsono menuturkan akan ada tiga agenda yang diikuti oleh Citros yakni launching, mengantar tamu hingga mengantarkan rombongan travel mart ke beberapa destinasi wisata. Dalam hal ini pemrov jabar dan pihak Citros berharap bisa menghadirkan bus pariwisata kap terbuka dari berbagai kota di Jabar. “Karena ini event nasional, kami dan Pemprov Jabar berharap dari 12 kota di jabar yang memiliki bus ini bisa memamerkannya juga di C-Fest,” ungkapnya.

Dalam menghadirkan armada tersebut tentu biaya operasional cukup tinggi. Pihaknya berharap pemerintah bisa mendukung dalam hal ini. Hingga saat ini setidaknya sudah ada 5 bus dari 5 kota yang bersedia hadir di Cirebon.

Sementara itu, Citros sendiri baru bisa dinikmati oleh masyarakat kota Cirebon usai rangkaian kegiatan C-Fest. Dalam pertengahan Maret ditargetkan masyarakat sudah bisa menikmati fasilitas ini. Untuk pengoperasional sementara, halte yang dikonsepkan belum hadir dan titik point pun akan berada di masing-masing destinasi.

Rencananya, penjualan karcis atau tiket Citros juga akan bisa diakses melalui aplikasi Cirebon Wistakon. Hal ini diharapkan bisa mendorong wisatawan untuk mengetahui lebih banyak kota cirebon terutama destinasi di kota Cirebon mellaui aplikasi tersebut. (apr)

News Feed