Air Tak Lancar karena Ada Perbaikan, Dirut Perumda Air Minum Minta Maaf

98
Ilustrasi gudang air. (dok radarcirebon.com)

CIREBON – Distribusi air yang tidak lancar khususnya di Perumahan Taman Nuansa Majasem, disebabkan kebocoran pipa di kawasan plangon.

Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Giri Nata, Sopyan Satari menjelaskan, pipa distribusi masih dalam perbaikan.

Dalam waktu dekat, diharapkan masalah itu dapat teratasi. “Kami mohon maaf. Ini ada kebocoran di Cakrabuana, di atasnya Plangon. Kami masih berusaha,” ujar Sopyan, kepada Radar, Senin (13/11).

Opang –sapaan akrabnya- meminta maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan selama kebocoran pipa terjadi. Dijanjikan, aliran air kembali normal setelah kebocoran teratasi dan dilakukan upaya lanjutan untuk perbaikan.

Di lain pihak, Ketua RT 03 Taman Nuansa Majasem, Yayat Supriyanto menyayangkan tidak adanya informasi dari Perumda Air Minum mengenai gangguan distribusi.

Padahal, informasi mampetnya aliran air juga penting disampaikan, sehingga warga bisa melakukan antisipasi. “Nggak ada pemberitahuan. Kalau kami sudah ribut baru air nyala,” tuturnya.

Tiga hari berturut-turut warga direpotkan dengan air yang sama sekali tidak mengalir. Kesulitan air terjadi di RT 1, 2, 3, 8, 9 dan 10. Hanya RT 7 yang airnya mengalir lancar. Khusus RT 7 memang konturnya lebih rendah. S

epanjang pekan kemarin, kata Yayat, air baru menyala sekitar pukul 00.00 hingga 05.00 WIB. Selebihnya air benar-benar tak keluar dari kran. Untuk memenuhi kebutuhan air para warga pun menggunakan fasilitas MCK yang ada di masjid setempat.

Namun, karena semua warga menggunakan air dari musala, kini tanggulnya pun jebol. “Ini bukan yang pertama kalinya, kirain musim hujan nggak bakal susah air,” ujar Yayat. (abd)