Airlangga Pastikan Senin Depan DPP Golkar Gelar Pleno untuk Munaslub

Airlangga Hartarto. (dok jpnn.com)

JAKARTA – Proses pergantian Setya Novanto dari jabatan Partai Golkat akan terlaksana dalam waktu dekat. Pasalnya, mayoritas DPD tingkat I sedang menginginkan adanya musyawarah nasional luar biasa (munaslub) sebelum masuk ke tahun 2018.

Kepastian adanya munaslub dalam waktu dekat ini, disampaikan oleh Calon ketua umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto yang mengaku mendapat informasi bahwa sudah ada 31 DPD I Partai Golkar yang menyerahkan surat kepada DPP untuk segera menyelenggarakan munaslub.

“Jadi 31 DPD tingkat I sudah menyerahkan surat kepada DPP untuk segera digelar Munaslub,” ujar Airlangga saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (6/12).

Lebih lanjut, Airlangga menambahkan, dengan adanya 31 DPD tingkat I itu maka kemungkinan besar pada Senin pekan depan akan diadakan rapat pleno untuk menentukan ada atau tidaknya munaslub. “Tentunya Senin nanti untuk mengadakan pleno,” katanya.

Oleh sebab itu, Airlangga berharap rapat pleno itu dihasilkan satu keputusan diadakannya munaslub. Sehingga pada akhir Desember nanti Partai Golkar bisa berproses melakukan pergantian kepada Setya Novanto dari jabatan ketua umum.

“Jadi jadwal munaslub itu bisa diagendakan pada Minggu ketiga bulan Desember ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Plt Ketua Umum Golkar Idrus Marham yang dikenal sebagai tangan kanan Setnov menegaskan, pembahasan mengenai Munaslub harus menunggu putusan praperadilan yang diajukan Ketua Umum definitif, Setya Novanto. Kesepakatan itu dihasilkan oleh rapat pleno DPP Golkar tanggal 21 November 2017.

“Posisi Bung Setnov sebagai Ketua Umum Partai Golkar maupun sebagai Ketua DPR RI, itu akan dibahas, dibicarakan, dalam rapat pleno segera setelah putusan prapreadilan,” kata Idrus usai membuka Workshop Nasional Partai Golkar Gelombang II di Merlynn Park Hotel, Petojo, Jakarta, Selasa (5/12). (gwn/JPC)