Akses Destinasi Wisata Pulau Biawak Masih Sulit

Air-jernih-sekitar-Pulau-Biawak
DESTINASI  ANDALAN: Pulau Biawak di Indramayu layak menjadi destinasi wisata potensial. Tampak air laut di sekitar pulau sangat bening. FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU – Pulau Biawak dan pulau-pulau lain disekitarnya seperti Pulau Gosong dan Pulau Candikian, merupakan potensi wisata yang luar biasa bagi Kabupaten Indramayu. Sayangnya, keberadaannya selama ini masih belum ditangani secara serius.

Sejumlah wisatawan yang ingin mengunjungi Pulau Biawak pun mengaku bingung, karena belum ada transportasi khusus menuju destinasi tersebut. “Saya lihat foto-foto Pulau Biawak bagus-bagus, tapi akses kesana katanya masih susah,” kata Dirman, salah seorang warga Cirebon.

Ia pun berharap, segera ada transportasi khusus untuk memudahkan akses transportasi ke Pulau Biawak. Pasalnya, banyak yang ingin berkunjung tapi harus menyewa perahu nelayan. “Kalau pakai perahu nelayan kan agak ngeri. Harusnya ada alat transportasi khusus yang aman dan nyaman,” harapnya.

Sementara, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, ternyata sudah memiliki rencana jauh ke depan untuk menjadikan kawasan Pulau Biawak sebagai destinasi wisata nasional. Hal tersebut diungkapkan Ridwan Kamil saat berkunjung ke Indramayu, beberapa waktu lalu.

“Kawasan Pulau Biawak merupakan anugerah yang luar biasa dengan keindahannya dan harus kita menfaatkan dengan maksimal. Kita akan garap sebagai kawasan wisata andalan di Jawa Barat,” ujar Ridwan Kamil, saat itu.

Ridwan Kamil mengatakan, untuk mengembangkan Pulaui Biawak sebagai destinasi wisata andalan maka harus dibangun tempat pendaratan perahu atau kapal yang layak. Di samping itu juga harus disiapkan angkutan perahu atau semacam perahu wisata, yang akan mengangkut penumpang menuju Pulau Biawak.

“Tentunya kita akan lengkapi berbagai fasilitas dan sarana pendukung lainnya,” lanjut Emil.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Indramayu, Carsim, menyambut baik rencana gubernur yang akan mengembangkan Kawasan Pulau Biawak. berharap ke depan Pulau Biawak bisa menjadi destinasi wisata impian semua orang. (oet)

Berita Terkait