Akses Menuju BIJB Minim Rambu

Akses Menuju BIJB Minim Rambu - Radar Cirebon

INDRAMAYU– Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka sudah mulai beroperasi. Namun sayangnya jalan dari Indramayu menuju bandara masih minim rambu dan fasilitas penunjang.

Meski sudah ada rambu arah menuju bandara, namun jalan itu minim fasilitas pendukung lainnya seperti PJU dan rambu lainnya. Apalagi, ada jalan yang kondisinya miring.

Tokoh Masyarakat Widasari Karmita (52) mengatakan keberadaan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati Kabupaten Majalengka akan berdampak pada wilayah di sekitarnya, termasuk perbatasan Indramayu-Majalengka. Wilayah perbatasan akan menjadi akses utama menuju bandara.

Sedikitnya ada 3 kecamatan yang menjadi akses menunju bandara yakni Kecamatan Widasari, Bangodua dan Tukdana. Namun sayangnya di tiga kecamatan itu rambu-rambu jalan hingga pju masih minim.

“Yang paling utama akses penerangan saja. Ini kurang memadai. Khususnya di tempat yang jauh dari permukiman warga,” ujarnya.

Seharusnya, Pemkab Indramayu dan juga pemerintah desa yang jalannya menjadi akses utama menuju bandara terus berbenah. Keberadaan bandara seharusnya bisa menjadi peluang untuk memajukan perekonomian masyarakat.

“Ini memang harus dipersiapkan lagi. Butuh penataan lagi agar keberadaan BIJB ini bisa memberikan dampak positif dan memajukan perekonomian warga,” jelasnya.

Sementara, Sadikin (40) selaku tokoh masyarakat Bangodua mengatakan beroperasinya BIJB akan memberikan dampak positif pada daerahnya. BIJB akan mendongkrak perekonomian untuk wilayah pinggiran khususnya perbatasan.

“Jelas ada dampaknya. Bukan hanya ekonomi, tetapi juga aspek pariwisata. Nah ini juga jadi peluang bagus,” ujarnya.

Untuk itu dibutuhkan fasilitas yang menunjang. Selain akses jalan yang mumpuni untuk menunjang mobilitas Bandara-Indramayu, dibutuhkan juga pembenahan lainnya.

“Harusnya segera dilakukan penataan ya. Yang utama akses ke sananya. Jangan sampai sudah ada bandara tapi orang malas juga ke sini karena akses jalannya gak baik atau apa. Kalau akses jalannya bagus, orang Indramayu yang mau ke bandara juga jadi mudah,” jelasnya. (oni)

Koran Radar Cirebon

Komentar Pembaca