Akun Clickbait Nekat Catut Nama JK

Hoax atau Bukan

PEMBUAT blog mancanegara-news.blogspot.com sepertinya sudah bosan menghirup udara bebas. Dia nekat membuat tulisan fitnah yang merusak citra Wakil Presiden Jusuf Kalla. Kalla ditulis pernah mengatakan, seorang muslim walau korupsi akan masuk surga.

“JK: Sejelek-jeleknya Muslim, Walau Korupsi, Masuk Penjara, Nanti Mati Masuk Surga. Sebagus-bagusnya Kafir Pasti Masuk Neraka!” Begitu bunyi judul tulisan blog mancanegara-news.

Tulisan itu sebenarnya hanyalah clickbait. Di dalamnya tidak ada statement JK seperti yang tertulis pada judul. Yang ada hanya kalimat-kalimat tidak nyambung hasil  copy paste dari banyak tulisan. Bahkan ujug-ujug saja ada statement Menag Lukman Hakim Saifuddin terkait standardisasi khatib.

Husain Abdullah, juru bicara JK, mengimbau masyarakat tidak mudah percaya dengan berita yang tidak jelas asal usulnya. Harus dicermati di mana lokasi dan berbicara dalam forum apa. “Ada asbabun nuzul-nya. Informasi tidak jelas ujung pangkalnya itu harus disaring benar,” ujar pria yang akrab disapa Uceng itu.

Menurut Husain, orang seperti Wapres JK tidak dengan begitu mudah mengafir-kafirkan orang. Apalagi menyinggung agama lain. “Pak JK itu ngomongnya terukur. Tidak sembarangan bicara,” tegas pria berdarah Bugis itu. Bahkan, selama ini JK dikenal sebagai juru damai dalam berbagai konflik di dalam negeri. Misalnya, konflik Ambon dan Poso. “Karakternya mengayomi. Beliau itu juru damai,” imbuh dia.

Dia menuturkan, selama ini cukup banyak pemberitaan hoax yang mencatut nama JK. Namun, pihaknya tidak langsung melapor kepada pihak berwenang. Mereka lebih mengedepankan literasi agar masyarakat tidak mudah percaya kabar yang provokatif. (gun/jun/c6/fat)

 

Fakta:

–  Wapres Jusuf Kalla tidak dengan mudah mengkafir-kafirkan orang, dan tidak pernah mengeluarkan statemen tersebut.