Amankan Pilakades, Polres Sebar 1.166 Personel

617
Kapolres Majalengka AKBP Mada Roostanto SE MH memimpin gelar pasukan pengamanan pilkades serentak 2017, di halaman Mapolres Majalengka, Jumat (14/7). FOTO: ANWAR BAEHAQI/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Polres Majalengka menggelar apel gelar pasukan pengamanan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2017 Kabupaten Majalengka, di halaman mapolres, Jumat (14/7) lalu. Dalam agenda tersebut, 1.166 personel gabungan disiapkan mengamankan pesta demokrasi di tingkat desa tersebut.

Kapolres Majalengka AKBP Mada Roostanto SE MH yang memimpin gelar pasukan mengungkapkan, personel gabungan yang disiagakan itu terdiri dari 500 anggota polisi, 166 anggota Brimob, 300 anggota TNI, dan 200 anggota Satpol PP. “Mereka akan disebar di 62 desa yang akan melaksanakan pilkades,” ungkapnya.

Pengamanan bukan hanya dilakukan pada saat proses pencoblosan, saat penghitungan suara petugas juga akan ikut mengamankan hingga selesai. Kapolres berharap proses pilkades serentak Sabtu (15/7) berjalan lancar, aman, dan kondusif,” jelasnya.

Sementara Bupati Majalengka, DR H Sutrisno SE MSI berharap masyarakat tidak mudah terprovokasi isu-isu yang berkembang di lapangan. Dirinya juga berpesan kepada masyarakat di desa yang mempunyai hak pilih, untuk berpartisipasi aktif menggunakan haknya.

Bupati juga mengintruksikan seluruh camat beserta pejabat kades di desa-desa yang melaksanakan Pilkades serentak, untuk melibatkan tokoh agama maupun pemuka masyarakat melakukan sosialisasi agar masyarakat untuk menggunakan hak pilih.

Masyarakat diharapkan bersama-sama menjaga agenda tersebut berlangsung aman, damai, demokratis, dan senantiasa dalam semangat persatuan dan kesatuan.

“Semoga Pilkades kali ini bisa menghasilkan pemimpin yang lebih baik dari sebelumnya, dan semoga bisa berjalan lancar dan kondusif,” pungkasnya.

Sebelumnya di Argapura, muspika menggelar rapat koordinasi di Mapolsek Argapura, Selasa (11/7) lalu. Rapat tersebut dihadiri Camat Argapura Ateng Dadang Herawan SSos, Kapolsek Iptu Sarjiyo SE, Danramil Lettu Arm Anto Heryanto, beserta anggota polsek dan anggota koramil.

Kapolsek Argapura menyampaikan arahan kepada anggota dalam rangka pengamanan pilkades. Kapolsek Argapura berharap terjalin koordinasi yang baik guna menjaga dan menciptakan situasi sebelum, saat, dan sesudah pilkades yang aman serta kondusif. (bae)