Amankan Pilpres dan Pileg 2019, Brimob Polda Jabar Terjunkan 1.400 Personel

Jawa Barat
Brimob Polda Jabar-FOTO:DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COMKasat Brimob Polda Jabar Kombes Pol Arif Budiman SH MH (tengah) didampingi Kaden C Pelopor Brimobda Jabar Cirebon AKBP Widodo (kiri) melakukan pengecekan kendaraan taktis dan operasional.FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON- Brimob Polda Jawa Barat menunjukkan langkah antisipasi jelang Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Hal itu terlihat saat, Kepala Satuan (Kasat) Brimob Polda Jawa Barat Kombes Pol Arif Budiman SIk MH melakukan peninjauan personel dan persiapan lainnya saat mengunjungi Markas Komando (Mako) Detasemen C Pelopor Brimobda Jabar di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, No 03, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Sabtu (29/9).

Kombes Pol Arif Budiman SIk MH kepada radarcirebon.com mengatakan, 1.400 personel Brimob Polda Jabar diturunkan untuk mengamankan pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019. “Mereka terdiri dari satuan gabungan di jajaran Brimob Polda Jabar. Secara umum, kami di Brimob Polda Jabar siap untuk mengamankan Pileg dan Pilpres. Personel sudah dilatih dengan baik, termasuk sarana dan prasana juga siap. Tim Penjinak Bom dan Tim Anti Teror pun sudah siap siaga,” ujarnya.

Brimob Polda Jabar-FOTO:DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COMDiungkapkan Kasat Brimob Polda Jabar, Kesiapan personel dan peralatan sangat penting didahulukan. “Sudah saya cek dan lihat sendiri. Secara umum di Detasemen C Brimobda Polda Jabar yang ada di Cirebon ini semuanya sudah siap dan tidak ada kendala. Sambil berjalan, kita lengkapi yang belum lengkap,” ungkapnya.

Saat ditanya terkait gangguan keamanan dari kelompok teroris saat pelaksanaan Pileg dan Pilres 2019, orang nomer satu di Brimob Polda Jabar ini menuturkan, pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah antisipasif, sehingga pengamanan berjalan sesuai rencana.

Brimob Polda Jabar-FOTO:DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM“Tingkat kerawanan masih belum terlihat jelas lantaran proses tahapan pemilu masih berjalan dan masa kampanye pemilu masih berlangsung lama, dimana kampannye akan berlangsung hingga 13 April 2019. Untuk antisipasi terorisme tentunya tetap ada, karena terorisme masih tetap ada dan kita tetap antisipasi dengan kewaspadaan personil,” tuturnya.

Kasat Brimob Polda Jabar Kombes Pol Arif Budiman SH MH mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban pada Pilpres dan pileg 2019. “Untuk masyarakat agar tetap menjaga kondusifitas dan kamtibmas sehingga proses pesta demokasi 2019 berjalan dengan aman dan masyarakat pun tenang menjalankan aktivitasnya dan tidak mengganggu keamanan dan ketentraman masyarakat,” pungkasnya. (rdh)