Angin Puting Beliung Terjang Tiga Desa di Majalengka

Akibat angin puting beliung sebuah pohon tumbang menimpa rumah milik warga Blok Citeureup Desa Dadap, Kamis (10/1). Angin puting beliung juga menerjang Desa Rawa Kecamatan Cingambul dan Desa Sukasari Kecamatan Cikijing. FOTO:BUDHI HARYANTO/RADAR MAJALENGKA
Akibat angin puting beliung sebuah pohon tumbang menimpa rumah milik warga Blok Citeureup Desa Dadap, Kamis (10/1). Angin puting beliung juga menerjang Desa Rawa Kecamatan Cingambul dan Desa Sukasari Kecamatan Cikijing.FOTO:BUDHI HARYANTO/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA-Angin puting beliung menerjang sebagian wilayah Desa Rawa dan Desa Cidadap Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka. Akibatnya, pohon besar tumbang dan menimpa rumah milik Hidir, warga Blok Citeureup Desa Cidadap dan kandang ayam milik Agus di Desa Rawa ikut hancur. Beruntung, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa.

Camat Cingambul Sahrudin SSos didampingi Danramil Cikijing Kapten Arh Bambang Irawan dan Kepala Desa Cidadap Kapiyudin menuturkan, peristiwa angin puting beliung yang telah melanda Desa Rawa dan Desa Cidadap Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka diawali dengan hujan deras, Kamis siang (10/1), sekitar pukul 13.00 WIB.

Sekitar lima belas menit kemudian, kata Sahrudin, tiba-tiba terjadi angin puting beliung yang menyebabkan sebuah pohon besar tumbang yang menimpa rumah Hidir di Blok Citeureup Desa Cidadap Kecamatan Cingambul. Akibatnya, bagian atap rumah hancur berantakan, termasuk bagian dapur rumah tersebut ikut hancur tertimpa pohon besar itu.

“Untungnya kejadian tersebut tidak sampai menelan korban jiwa, karena pada saat kejadian seluruh penghuni rumah tengah berada di luar rumah.Pemilik rumah Hidir dan istri serta anaknya saat itu tengah bekerja di sawah miliknya,” ujarnya.

Akan tetapi, lanjutnya, kondisi rumah yang tertimpa pohon besar itu kondisinya mengalami rusak parah dan sudah tidak bisa ditempati lagi. Syahrudin memperkirakan, kerugian materi mencapai Rp250 juta. Untuk sementara waktu, lanjutnya, penghuni rumah mengungsi ke rumah saudaranya.

“Kami, hari ini (Jumat, red) bersama Danramil dan anggota Koramil Cikijing dibantu Satpol PP Cingambul dan ratusan warga desa setempat melakukan kerja bakti menyingkirkan pohon besar dan membersihkan puing-puing bekas reruntuhan bangungunan. Kami juga mintakan kepada pihak Pemdes Cidadap untuk menggerakan kembali warga desanya dalam melakukan kerja bakti bergotong-royong untuk membantu membangun kembali rumah tersebut,” bebernya.

Lebih lanjut, dikatakan Sahrudin, untuk kandang milik Agus yang yang porak poranda diterjang angin puting beliung berhasil dibersihkan oleh anggota Koramil Cikijing yang dibantu warga desa. “Kami dari Muspika Kecamatan Cingambul mengimbau kepada seluruh masyarakat Kecamatan Cingambul agar pada saat turun hujan lebat, terutama saat malam hari jangan terlena tetapi tetap meningkatkan kewaspadaan dan meminta kepala desa agar menggiatkan kembali kegiatan ronda malam,” ujarnya.

Sementara itu, angin puting beliung juga melanda sebagian wilayah Kecamatan Cikijing. Akibat disapu angin puting beliung tiga buah pohon besar di pinggir jalan Dusun Malongpong Desa Sukasari Kecamatan Cikijing tumbang. Akibatnya, arus lalu-lintas Jalan Cibodas menjadi macet total.

Berkat kesigapan jajaran Muspika Kecamatan Cikijing yang turut dibantu ratusan warga setempat, pohon-pohon besar yang tumbang yang sempat menghalangi Jalan Cibodas itu akhirnya berhasil disingkirkan. (har)