Antisipasi Banjir, BBWS Perbaiki Tanggul Kritis

dri---normalisasi-tanggul-jelang-musim-hujan-(4)Sejumlah pekerja memperbaiki tanggul Sungai Cisanggarung yang kritis di Desa Sidaresmi, Pabedilan.FOTO:ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON

CIREBON-Titik terparah terdampak banjir besar pada akhir Februari 2018 lalu di Kabupaten Cirebon, adalah wilayah atau daerah sepanjang Sungai Cisanggarung. Beberapa desa bahkan terendam air hingga lebih dari satu meter selama lebih dari satu hari.

Saat itu diketahui, penyebab utamanya adalah besarnya air atau debit Cisanggarung yang meningkat drastis, sehingga tidak tertampung di badan sungai dan melimpas melewati tanggul serta langsung menggenangi pemukiman penduduk.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, pemerintah saat ini sedang membangun dan memperbaiki kondisi tanggul agar jika terjadi kondisi yang tidak diinginkan terjadi, bisa langsung melakukan upaya yang diperlukan.

Seperti yang terlihat di Desa Sidaresmi, Kecamatan Pabedilan, salah satu desa yang terdampak banjir terparah akibat meluapnya SungaI Cisanggarung. Saat ini pemerintah sedang melakukan pembangunan penguatan tanggul Sungai Cisanggarung di beberapa titik dengan anggaran Rp5,6 miliar.

Pengawas dari Balai Besar Wilayah Sungai Cimancis Syukron saat ditemui Radar Cirebon mengatakan semua pekerjaan yang dilakukan oleh pelaksana proyek di supervise langsung oleh konsultan dan dilaporkan ke pihak BBWS. “Ini sudah berjalan beberapa waktu, semaunya sesuai target dan tetap dipantau dalam pelaksanaannya,” ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan proyek tersebut tersebar di Kecamatan Pabedilan dan Losari sebagai salah satu wilayah yang terdampak banir langsung dari meluapnya Sungai Cisanggarung. “Seperti yang kita lihat. Di lokasi ini, tanggulnya masih berupa tanah. Kita perkuat dengan memasang pasangan batu, dan selanjutnya meninggikan permukaan tanggul. Ini untuk mengantisipasi banjir karena saat banjir awal tahun lalu, air melimpas masuk melewati permukaan tanggul,” imbuhnya.

Sementara itu, Munadi, tokoh masyarakat Losari mengatakan, langkah penguatan tanggul dan perbaikan tanggul-tanggul kritis adalah langkah tepat yang dilakukan pihak BBWS. (dri)