Antisipasi Rawan Pangan, Bupati Cirebon Bagi-bagi Beras Premium Gratis

Kabupaten Cirebon
Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra (tengah) secara simbolis memberikan beras primium gratis di di Desa Sitiwinangun Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon, Jumat (26/1). Foto: Cecep/radarcirebon.com

CIREBON – Mengantisipasi terjadinya rawan pangan di Kabupaten Cirebon, Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra melalui Dinas Ketahanan Pangan memberikan bantuan beras premium kepada 260 keluarga di Desa Sitiwinangun Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon, Jumat (26/1).

“Tadi kita berikan bantuan berupa beras premium kepada 260 keluarga, masing-masing 25 kilogram setiap keluarga. Dengan bantuan ini, saya harap masyarakat betul-betul menikmati beras, karena dengan beras medium mungkin mereka sudah terbiasa,” kata Sunjaya.

Tidak hanya di Desa Sitiwinangun, kata Sunjaya, Pemkab Cirebon melalui Dinas Ketahanan Pangan melakukan evaluasi kepada beberapa desa di Kabupaten Cirebon.

“Jika ditemui ada desa rawan pangan akan langsung dibantu. Kepala Dinas Ketahanan Pangan akan melihat dan mengevaluasi desa mana saja untuk mendapat bantuan. Ini merupakan program unggulan saya yang dianggarkan di tahun 2018,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon, Muhidin mengaku, pihaknya sudah mengintervensi desa rawan pangan di Kabupaten Cirebon. Diungkapkan Muhidin, pada tahun 2016 ada 5 desa rawan pangan yang sudah dibantu.

Sedangkan tahun 2017, lanjut Muhidin, ada 5 desa rawan pangan, dan tahun 2018 jumlah desa rawan pangan ada 7 desa.

“Desa rawan pangan itu menyebar sih, diantaranya Sutawinangun, Desa Depok, Beber, Gebang, Waled, dan Weru yang tersebar di tiap kecamatan. Saat ini tinggal enam desa lagi yang rawan pangan dari tahun sebelumnya berjumlah 23 desa,” katanya. (cecep)