oleh

AS-China Sepakat Gelar Pertemuan Tinggi Perdagangan

-Internasional-13 views

BEIJING – China dan Amerika Serikat (AS) sepakat untuk menggelar pertemuan tingkat tinggi terkait perdagangan pada awal Oktober. Pertemuan itu akan digelar di Washington.

Sebelumnya, Wakil Perdana Menteri China Liu He dan Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer serta Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin berbicara melalui sambungan telepon. Gubernur Bank Sentral China Yi Gang, juga terlibat dalam pembicaraan itu.

“Kedua belah pihak sepakat mereka harus bekerja sama dan mengambil langkah praktis untuk menciptakan kondisi yang baik untuk melakukan konsultasi,” kata Kementerian Perdagangan China dalam pernyataan resminya, Kamis (5/9).

China mengatakan, sebelum pertemuan tingkat tinggi itu, tim perdagangan kedua negara akan menggelar pertemuan tingkat menengah pada pertengahan bulan September. “Kedua pihak sepakat untuk mengambil langkah menciptakan kondisi yang menguntungkan,” tulisnya.

Juru bicara Perwakilan Perdagangan AS mengkonfirmasi kabar tersebut. Lighthizer dan Mnuchin memang berbicara dengan Liu. Mereka sepakat, untuk menggelar pertemuan setingkat menteri dalam perundingan perdagangan di Washington dalam beberapa pekan ke depan.

Dapat diketahui, pada minggu lalu, AS mulai memberlakukan kenaikan tarif impor komoditas China sebesar 15 persen. Sementara, China mulai menerapkan bea cukai baru untuk minyak mentah AS.

Hal itu mendorong China mengadukan AS ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). AS berencana pada 1 Oktober mendatang, untuk meningkatkan tarif impor dari 25 persen menjadi 30 persen barang impor China yang senilai 250 miliar dolar AS. (der/fin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed