Asyik, Pemkab Cirebon Pastikan HUT RI ke-73 Bakal Semarak

ilustrasi-HUT-RIilustrasi-HUT RI

CIREBON– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon memastikan perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-73 tingkat Kabupaten semarak. Pasalnya, akan digelar berbagai kegiatan di setiap SKPD. Demikian disampaikan, Ketua Panitia HUT RI Kabupaten Cirebon Deni Agustin SE kepada Radar Cirebon, Sabtu (14/7).

Menurutnya, hari Kamis (12/7) lalu pihaknya sudah rapat bersama dengan menghadirkan seluruh SKPD dan unsur Muspida untuk persiapan kegiatan jelang HUT RI. Dari hasil rapat disepakati, akan ada sembilan kegiatan pokok di hari H yakni pengukuhan Paskibra, upacara detik-detik Proklamasi sampai dengan resepsi syukuran, pemberian remisi dan kegiatan lainnya.

Nah, untuk kegiatan yang sifatnya memeriahkan HUT RI diserahkan kepada masing-masing SKPD. Untuk Dinas Kesehatan akan ada operasi katarak gratis, bantuan kloset jongkok, penimbangan balita dan kegiatan yang menyangkut dengan kesehatan masyarakat lainnya,” ujar Deni.

Sementara untuk Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), kata Deni, menyelenggarakan pagelaran wayang kulit dengan dalang dari Inggris, tarling serta kesenian lainnya. Sedangkan, kegiatan untuk tingkat Kabupaten sendiri adalah jalan sehat kemerdekaan yang akan diikuti oleh masyarakat luas dan lomba semarak kampung kemerdekaan yang akan diikuti seluruh desa dan kelurahan di 40 kecamatan.

Adapun kriteria penilaian kampung kemerdekaan dari segi kemeriahan hiasan HUT kemerdekaan, gapura terbagus dan inovasi lomba kegiatan di tingkat desa. “Intinya, peringatan HUT RI ini adalah dapat melibatkan seluruh lapisan masyarakat seluas- luasnya. Untuk lomba kampung kemerdekaan sendiri akan diberikan penghargaan serta uang untuk desa terbaik,” terangnya.

Dia menjelaskan, pentingnya memperingati HUR RI ini adalah sebagai bentuk cinta bangsa Indonesia terhadap perjuangan para pendahulu. Kemasan peringatan itu pun diisi dengan berbagai kegiatan positif untuk lebih menyatukan masyarakat. “Dengan banyak kegiatan positif secara otomatis kita banyak silaturrahmi dengan masyarakat untuk memperkokoh kesatuan dan persatuan,” pungkasnya. (sam)