Ayo, Kota Cirebon Tambah Medali Lagi!

Porda Jabar 2018

Sport
porda-jabarILUSTRASI.

BOGOR – Kota Cirebon terus menambah medali di pekan kedua Porda Jabar XIII/2018. Selain tambahan dua perak dari atletik, kemarin, kontingen Kota Udang juga berhasil menambah 3 perak dari cabang gulat dan boling, serta 1 perunggu dari senam.

Pada hari pertama pertandingan gulat, Kota Cirebon menurunkan tiga pegulat andalannya di Gedung Megantara Lanud Atang Sendjaja, Kabupaten Bogor. Perak berhasil direbut oleh Sendi Ferdiansyah (65 kg gaya bebas putra) dan Sani Abdul Rohman (52 kg gaya bebas putra). Satu pegulat lainnya, Agung Gunawan (86 kg gaya bebas putra) gagal merebut medali.

“Mohon maaf, di hari pertama gulat belum berhasil menyumbangkan emas. Masih banyak atlet andalan kita yang belum turun. Jadi pelung emas masih terbuka lebar,” ujar Sekretaris Umum Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Kota Cirebon, Atep Kosasih.

Dari cabang boling, peboling putra andalan Kota Cirebon, Rustam Efendi meraih medali perak nomor perorangan putra. Rustam masih berpeluang menambah jumlah medali. Dia turun di sejumlah nomor lainnya seperti double mix, trio dan master perorangan putra.

“Kepada diri sendiri saya tekankan bahwa di semua nomor itu saya target medali. Memang kalau di boling itu, peluang cukup besar. Bahkan untuk meraih emas. Tinggal bagaimana kita fight di pertandingan,” tutur Rustam.

Sementara itu, terpisah dari kontingen lainnya yang berjuang di Kabupaten Bogor, tim senam Kota Cirebon yang bertanding di Gymnasium UPI Bandung berhasil menyumbangkan 1 perunggu. Pesenam andalan Kota Cirebon, Satriawan berhasil merebut perunggu di nomor gelang-gelang putra.

Ketua Umum Persatuan Senam Indonesia (Persani) Kota Cirebon Wasiroh mengatakan, pencapaian Satriawan sudah sesuai target. “Lawannya atlet-atlet senior dan berpengalaman. Satriawan berhasil menyodok ke tempat ketiga. Itu sudah luar biasa,” kata dia.

Ketua Tim Manajer Kontingen Kota Cirebon H Maman Sukirman mengapresiasi perjuangan para atlet. Meski belum ada tambahan medali emas, dia bersyukur, kontingen Kota Udang menunjukan progres yang lebih baik. “Cabang olahraga unggulan kita mulai bertanding. Dari perolehan medalipun sudah terlihat ada peningkatan. Semoga berikutnya emas akan bertambah juga,” ucapnya. (ttr)