Banjaran Optimistis Raih PADes Besar

DESA-BANJARAN
SYUKURAN: Pemdes Banjaran menggelar syukuran sebelum pembangunan infrastruktur sekaligus penetapan pengurus BUMDes. Foto: Ono Cahyono/Radar Majalengka

DESA Banjaran, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka masuk kawasan daerah industri. Ada dua industri besar di wilayah tersebut. Yakni PT Teknotama Lingkungan Internusa (TLI) dan PT Kaldu Sari Nabati (KSN).

Kepala Desa Banjaran, Erick Prasetya Marta mengatakan, pihaknya mengaku baru mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), tepatnya akhir tahun 2017 lalu. Hal itu karena dalam beberapa tahun yang lalu, BUMDes tidak berjalan sehingga mengharuskan pembekuan pengurus lama.

“Sekarang kita berusaha untuk membangkitkan kembali dengan membentuk pengurus baru. Sebelumnya tidak ada laporan secara resmi oleh pengurus lama soal pertanggungjawaban kegiatan selama kurun waktu beberapa tahun terakhir,” ujar Erick.

Pihaknya telah menyiapkan beberapa strategi untuk meningkatkan pendapatan asli desa (PADes) dengan mengaktifkan kembali BUMDes. Melalui jenis usaha simpan pinjam dengan memberi modal warga yang memiliki usaha kecil. Sementara untuk jenis perdagangan, yaitu berjualan gas bersubsidi 3 kilogram yang dikelola oleh para pengurus BUMDes.

Halaman: 1 2

Berita Terkait