Batas Usia Masuk CPNS sampai 40 Tahun

ILUSTRASI

CIREBON– Pemerintah telah melakukan perubahan batas maksimal usia CPNS dari usia 35 tahun menjadi 40 tahun. Namun, perubahan maksimal usia 40 tahun ini, hanya berlaku khusus bagi enam formasi yang ada.

Kepala BKPSDM Kabupaten Cirebon, Supadi Priyatna mengakui, adanya perubahan batas maksimal usia pendaftar CPNS. Ini sesuai Kepres nomor 17 tahun 2019 tentang adanya perubahan batas maksimal usia pendaftar CPNS, dari 35 tahun menjadi 40 tahun.

Namun menurut Supadi, batas maksimal usia CPNS 40 tahun ini tidak berlaku bagi semua formasi. Enam formasi yang dimaksud adalah dokter, dokter gigi, dokter pendidik klinis, dosen, peneliti, perekayasa.

Menurut Supadi, adanya perubahan batas maksimal usia CPNS karena berdasarkan pengalaman perekrutan CPNS tahun sebelumnya. “Ya seperti tahun kemarin (2018, red), itukan ada beberapa formasi seperti dokter tidak terisi karena terganjal batas usia. Karena mungkin sangat sedikit usia di bawah 35 tahun. Sehingga pemerintah melakukan perubahan batas maksimal usianya,” tuturnya.

Supadi mengungkapkan, dalam pengadaan ASN ini, pihaknya hanya mengajukan sebanyak 592 formasi. Ini disesuaikan dengan jumlah pensiun PNS di tahun 2019 ini. Sebanyak 592 formasi tersebut dibagi antara pengadaan P3K serta CPNS. “Kalau untuk P3K itu sebanyak 414 formasi. Dan untuk CPNS sebanyak 178 formasi, karena disesuaikan dengan 70-30 persen,” jelasnya.

Untuk P3K menurut Supadi, lebih dikhususkan kepada para honorer. Baik K2 maupun honorer lainnya. Sedangkan untuk CPNS dari umum. Hingga saat ini, pihaknya belum menerima informasi terkait persetujuan kuota ASN bagi Kabupaten Cirebon dan pelaksanaannya. “Kita sampai saat ini belum tahu disetujuinya berapa dan pelaksanaannya kapan? Kita masih menunggu,” pungkasnya. (den)

 

Berita Terkait