Bayern Muenchen, Datang, Main, Menang

614
LANGSUNG ANGKAT TROFI: James Rodriguez melakoni debut bersama Bayern Muenchen di final Telekom Cup menghadapi Werder Bremen di Moenchengladbach, Jerman, Sabtu (15/7). MARIUS BECKER/AFP PHOTO
LANGSUNG ANGKAT TROFI: James Rodriguez melakoni debut bersama Bayern Muenchen di final Telekom Cup menghadapi Werder Bremen di Moenchengladbach, Jerman, Sabtu (15/7). MARIUS BECKER/AFP PHOTO

MOENCHENGLADBACH – Rekrutan anyar Bayern Muenchen James Rodriguez dan Corentin Tolisso langsung berselebrasi. Meski hanya turnamen pramusim setidaknya raihan trofi Telekom Cup mengangkat konfidensi Tolisso dan Rodriguez menuju musim 2017-2018 ini.

Seperti diberitakan situs resmi Bayern kemarin (16/7), Rodriguez dan Tolisso ambil bagian ketika Bayern membekuk Werder Bremen dengan skor 2-0 di partai final. Sebelumnya di semifinal Bayern pun menang 1-0 atas Hoffenheim.

“Saya merasa baik. Secara bertahap saya merasa semakin bugar dan saya pikir menjalani pertandingan dengan bagus,” kata Rodriguez usai menang di laga debutnya. “Saat ini kami mencoba untuk konsisten agar menang trofi karena memang (trofi) adalah tujuan (kami) bermain,” tambah gelandang 26 tahun tersebut.

Dalam turnamen yang memakai konsep 45 menit setiap pertandingan, James tampil sebagai starting eleven saat menghadapi Bremen. Dalam kerangka 4-2-3-1 yang dijalankan oleh der trainer Bayern Carlo Ancelotti, Rodriguez menjadi trio gelandang serang bersama Thomas Mueller juga Kingsley Coman dibelakang penyerang muda Franck Evina.

“Bicara bahasa Jerman saya? Danke (terima kasih, red) dan Guten Morgen (selamat pagi, red). Hanya itu,” ucap Rodriguez soal adaptasinya dengan budaya setempat.

Pada Telekom Cup kemarin, Ancelotti cenderung menjalankan taktik aman. Baik lawan Hoffenheim maupun Bremen, skema 4-2-3-1 masih menjadi andalan.

Belum adanya beberapa pemain seperti Arturo Vidal, Joshua Kimmich, Niklas Suele, dan Sebastian Rudy yang bertanding di Piala Konfederasi atau Manuel Neuer dan Arjen Robben karena penyembuhan cedera, maka skuad Bayern kemarin belum 100 persen.

Meski demikian patut dicatat, tiga nama pemain akademi Bayern yang dinaikkan ke tim utama musim ini, Felix Goetze, Marco Friedl, dan Christian Fruechtl, semuanya dimainkan.

Fruechtl dimainkan ketika bertanding lawan Bremen sebagai starter dan pengganti lawan Hoffenheim. Sementara Goetze dan Friedl keduaa jadi substitusi.

Menyambut kesuksesan di Telekom Cup ini chairman Bayern Karl-Heinze Rummenigge dalam situs klub menuturkan modal ini sangat berharga jelang tur Asia Die Roten, julukan Bayern.

Meski belum komposisi terbaik setidaknya dari pemain-pemain yang ada, gabungan skuad musim lalu, kemudian penggawa anyar, plus pemain akademi semuanya tampil baik.

“Semuanya sudah dikordinasikan dengan Carlo Ancelotti. Para pemain sudah saling mengenal satu dengan yang lain dan ini kesempatan bagus buat muka baru menggabungkan diri,” ucap Kalle, sapaan Karl-Heinze Rummenigge kemarin.

Mantan penyerang timnas Jerman dan Bayern tersebut berkata seandainya buat tur Asia mendatang, empat pemain yang terjun di Piala Konfederasi lalu bisa bergabung. Yakni Suele, Kimmich, Rudy, dan Vidal.

Pada turnamen Internastion Champion Cup (ICC) di Tiongkok dan Singapura, Bayern akan memanasi mesin dengan tim-tim besar lainnya. Yakni Arsenal (19/7), AC Milan (22/7), Chelsea (25/7), dan Inter Milan (27/7).

Sementara itu, dalam Telekom Cup kemarin Robert Lewandowski menjadi pencetak gol tunggal buat Bayern ketika menang 1-0 atas Hoffenheim di menit ketujuh. Lantas ketika lawan Bremen, Thomas Mueller (13′) dan Juan Bernat (34′) membawa Bayern menang 2-0 atas Bremen. (dra)