Begini Cara Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Hibur Pemudik

Begini Cara Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Hibur Pemudik - Radar Cirebon

CIREBON-Ada yang menarik di posko mudik lebaran di sekitar Jl Kalijaga. Posko yang didirikan Paguyuban Laskar Agung Macan Ali Nuswantara itu tak sekadar bisa dipakai istirahat. Pengendara yang singgah juga dihibur dengan tabuhan gamelan. Nada-nada gamelan meluncur dari laras pelog. Pemudik yang singgah dibuat tertarik. Sesekali mereka mengabadikan menggunakan kamera handphone. Semakin sore, semakin ramai posko yang satu ini. Banyak pemudik yang beristirahat sembari menikmati hiburan gratis.

Bukan hanya mendengarkan, mereka juga boleh coba-coba. Paguyuban Laskar Agung Macan Ali Nuswantara mempersilahkan pemudik belajar gamelan. Adanya posko hiburan bagi pemudik ini pun menarik kedatangan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Ia bahkan sempat mencoba ikut manabuh gamelan. “Tiap tahun kita biasa gelar posko mudik seperti ini. Rata-rata pemudik ya antusias main. Kita ajarkan sedikit,” ujar petugas Posko Mudik Laskar Agung Macan Ali Nuswantara, Raden Agus Kusnadi Partaadimiharja.

Posko mudik ini memang didedikasikan sebagai hiburan pemudik. Posisi Kota Cirebon yang menjadi perlintasan pemudik, sangat strategis. Dalam mengarungi perjalanan yang diwarnai cuaca panas, dan kemacetan, persinggahan yang diselingi hiburan diyakini bisa memberi warna tersendiri. Dengan harapan, para pemudik ini juga punya kesan baik dengan Kota Cirebon dan mengenal budayanya. “Itung-itung ngasih refreshing di sini. Pastinya kan penat sudah jalan jauh ratusan kilometer,” ungkapnya.

Tak hanya pemudik, warga setempat juga kerap singgah. Tentu hal ini sangat baik sebagai cara melestarikan gamelan. Meski warga Kota Cirebon, tapi banyak yang baru pertama kali mencoba langsung bermain gamelan. Sembari bermain gamelan, posko mudik ini menyediakan obat-oabatan gratis bagi pemudik. Obat-obatan pertolongan pertama yang lengkap tersebut disediakan. Ada juga jasa pijat gratis bagi pemudik. (myg)

 

Komentar Pembaca