Biaya Pendidikan Andil Inflasi Terbesar di Cirebon

CIREBON – Bulan Agustus 2019, inflasi Kota Cirebon tercatat lebih tinggi daripada inflasi nasional. Pada Agustus 2019, Kota Cirebon mengalami inflasi sebesar 0,24 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 131,94.

Dari tujuh kota pantauan IHK di Provinsi Jawa Barat, tercatat enam kota mengalami inflasi dan satu kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Bandung (0,61 persen) dan terendah terjadi di Kota Tasikmalaya (0,04 persen).

Kepala Badan Pusat Statistika (BPS) Kota Cirebon, Joni Kasmuri menuturkan, dari tujuh kelompok pengeluaran, empat kelompok pengeluaran mengalami inflasi dan tiga kelompok mengalami deflasi. Kelompok bahan makanan mengalami deflasi sebesar 0,24 persen.

Kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau mengalami inflasi sebesar 0,15 persen. Kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar mengalami inflasi sebesar 0,02 persen.

Kemudian, kelompok sandang mengalami inflasi 1,12 persen, kelompok kesehatan mengalami deflasi sebesar 0,11 persen, kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga mengalami inflasi sebesar 2,91 persen, kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan mengalami deflasi sebesar 0,06 persen. “Kelompok yang memberikan andil inflasi terbesar adalah pendidikan, rekreasi, dan olahraga sebesar 0,2142 persen,” tuturnya.

Lanjutnya, kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga yang mengalami inflasi sebesar 2,91 persen. Komoditas dalam kelompok ini yang turut memberikan andil inflasi antara lain biaya pendidikan sekolah menengah atas, sekolah dasar, dan tas sekolah. Kemudian, kelompok penyumbang makanan jadi, minuman, rokok dan tembaga mengalami inflasi sebesar 0,15 persen. Komoditas yang memberikan andil inflasi antara lain roti tawar dan rokok kretek.

Untuk kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar juga mengalami inflasi yakni sebesar 0,02 persen dengan komoditas yag memberikan andil antara lain semen, sabun cuci piring, dan penyegar ruangan. Sedangkan kelompok sandang pada bulan Agustus 2019 mengalami inflasi sebesar 1,12 persen dengan komoditas penyumbang inflasi antara lain perhiasan, sepatu, dan baju muslim.

“Adapun kelompok lainnya yakni kelompok bahan makanan, transportasi, komunikasi dan jasa keuangan serta kesehatan, mengalami deflasi di Agustus 2019,” jelasnya.

Sementara itu, Cirebon tahun kalender Agustus 2019 sebesar 1,51 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (Agustus 2019 terhadap Agustus 2018) sebesar 2,33 persen. Sedangkan, Provinsi Jawa Barat mengalami inflasi 0,39 persen dan nasional mengalami inflasi 0,12 persen di Agustus 2019 ini. (apr)

 

Berita Terkait