Bikin Embarkasi Haji di Ciayumaja, Siapa yang Siap?

Kota Cirebon
ILUSTRASI

CIREBON-Pembangunan embarkasi haji sebagai salah satu tempat penunjang pelaksanaan penerbangan haji dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati sedang dikaji. Terutama lokasinya. Majalengka dan Indramayu sama-sama sudah menyiapkan lahan. Kota Cirebon juga ingin bangun di kawasan Argasunya. Lalu, daerah mana yang paling siap?

Pemkab Indramayu menyatakan sudah positif embarkasi dibangun di sana. Karena lokasinya cukup dekat dengan Bandara Kertajati. Bahkan saat ini sudah ada lahan yang disiapkan. Seluas 7 hektare. “Ya, kita sudah sediakan lahan di wilayah Lohbener. Proses hibah tanah ke pemerintah pusat melalui Kementerian Agama juga sudah selesai. Rencananya tahun 2019 ini diharapkan sudah mulai digarap,” tandas Plt Bupati Indramayu Drs H Supendi MSi.

Ditanya tentang adanya kabar kalau pembangunan embarkasi akan beralih ke Cirebon atau Majalengka, Supendi secara tegas mengatakan kalau hal tersebut tidak benar. Menurutnya, untuk sementara sebelum pembangunan embarkasi di Indramayu selesai, kemungkinan calon jamaah haji yang akan berangkat melalui Bandara Kertajati akan ditampung di asrama haji di Cirebon.

“Mungkin untuk sementara sebelum pembangunan embarkasi, jamaah akan ditampung di Cirebon. Setelah embarkasi berdiri, tentunya jamaah calon haji akan ditampung di embarkasi Indramayu,” ujar Supendi kepada Radar Indramayu.

Halaman: 1 2 3 4