Bikin Embarkasi Haji di Ciayumaja, Siapa yang Siap?

Kota Cirebon
ILUSTRASI

Sementara itu, Wakil Walikota Cirebon Eti Herawati mengungkapkan, pihaknya sebenarnya mempunyai rencana yang bagus. Yakni membangun asrama haji yang terpadu dengan wilayah Argasunya, Kecamatan Harjamukti. Terpadu yang dimaksud adalah disinergikan dengan kearifan lokal yang dikenal sebagai daerah santri. “Saya mempunyai mimpi membangun kota santri di Argasunya. Dan sangat pas kiranya bila asrama haji dibangun di sana,” ujarnya.

Bukan tanpa alasan memilih Argasunya. Pasalnya kondisi budaya religius masyarakat sekitar sangat mendukung. Lahannya masih luas dan bisa dimanfaatkan. Akses ke jalan raya Cirebon-Kuningan serta jalan Tol Palikanci dan Cipali sangat dekat.

Belum lagi, nanti bila rencana disetujui, menggerakkan roda perekonomian yang pada akhirnya meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitarnya. Dengan kedatangan ribuan jamaah haji, bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai usaha.

Untuk itu, pihaknya hari ini akan menghadap gubernur. Dengan tujuan mempresentasikan sekaligus mengajukan secara lisan pembangunan kota santri dan asrama haji terpadu di Argasunya. Terkait permintaan gubernur untuk memanfaatkan aset Pemkot Cirebon untuk asrama haji, Eti secara realistis akan meminta pemprov untuk meninjau dulu kondisi gedung saat ini.

Yakni gedung eks Pusdiklatpri. Agar dapat gambaran yang jelas untuk merenovasinya. “Benar, aset itu sudah milik pemkot, tapi kondisinya kurang begitu terawat dan banyak yang sudah usang serta lapuk. Dibutuhkan waktu dan biaya yang sangat besar sekedar untuk merenovasi. Belum lagi akses jalan yang sangat padat di sekitarnya,” ungkapnya.

Jadi, menurut hemat Eti, bila anggaran renovasi memakan biaya yang besar, alangkah baiknya bila dialihkan untuk membangun asrama haji yang baru dan lebih representatif. Bila kondisinya seperti ini, pihaknya akan mengusulkan atau mengalah memberikan kesempatan kepada kabupaten lain untuk sementara menampung jamaah haji dan umrah.

Namun ke depannya, bila asrama haji yang baru telah dibangun di Kota Cirebon, pihaknya akan lebih mempunyai daya tawar yang lebih baik. “Mohon doanya saja, kami akan perjuangkan rencana ini agar bisa diterima dan direalisasikan,” tandasnya. (oet/azs/gus)

Halaman: 1 2 3 4