Blangko di Disdukcapil Kabupaten Cirebon Minim, Pencetakan E-KTP Turun Drastis

Kabupaten Cirebon
Warga mengikuti perekaman retina untuk kelengkapan data E-KTP. Foto:Okri Riyana/Radar CirebonWarga mengikuti perekaman retina untuk kelengkapan data E-KTP.Foto:Okri Riyana/Radar Cirebon

CIREBON-Ketersediaan blangko E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon minim. Imbasnya, proses pencetakan E-KTP turun drastis. Perhari, hanya 80 keping E-KTP el tercetak. Padahal, per 9 Januari 2019 sudah ada 103.737 KTP el siap Print Ready Record (PRR).

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Cirebon, Moh Dardar Ernedin SSos MM mengatakan, kondisi minim ketersediaan blanko bukan hanya di Kabupaten Cirebon saja, melainkan di seluruh kota/kabupaten se-Indonesia mengalami hal yang sama. “Blanko setiap hari ada. Tapi, minim. Sehingga pelayanan juga yang online kami biasanya cetak 300-400 perhari. Sekarang itu hanya 80 keping perhari,” ujarnya kepada Radar Cirebon.

Dia mengaku, tidak bisa berbuat banyak terkait minimnya ketersediaan blanko KTP el. Sebab, pengadaan blanko E-KTP adalah kewenangan pemerintah pusat. Meski demikian, pihaknya berjanji dengan masih banyaknya KTP el yang belum bisa tercetak, pihaknya pun berjanji jika kondisi blanko KTP-el itu sudah normal, maka pencetakan KTP el bisa cepat tertangani.

“Dalam proses pencetakan E-KTP sebenarnya untuk kendala tidak ada. Hanya saja, karena minimnya ketersediaan blanko E-KT Sementara masyarakat yang belum memiliki KTP el menjadikan banyak yang belum bisa dicetak terus bertambah,” terangnya

Padahal, kata dia, per 9 Januari 2019, sebanyak 103.737 KTP-el yang sudah siap Print Ready Record (PRR), tetapi belum bisa tercetak. Kendalanya, keterbatasan blanko KTP el.  “Data terakhir per hari ini (kemarin, red) data yang masuk perekaman ada 128 orang, cetak 94, kemudian sisa surat keterangan (Suket) ada 80.295, dan yang  Send For Enrollment (SFE) ada 131,” ungkapnya.

Dia menambahkan, meski ada keluhan dari masyarakat terkait susahnya mengakses masuk wibsite untuk melakukan pendaftaran pencetakan KT el secara online, nyatanya masyarakat yang mendaftar cetak lewat online setiap hari selalu ada. “Setiap hari itu ada yang melalui online dan melakukan pencetakan KTP di kita. Tapi ya tadi dikurangi kuotanya, hanya 80 saja setiap harinya,” tutur pria yang akrab disapa Eren itu. (sam)