BOS Gencarkan Kampanye Hidup Sehat

Kho-The-BOS-kampanye-hidup-sehat1
Camat Bongas Suwenda saat bersama komunitas penggemar sepeda antik The BOS berkampanye hidup sehat dengan berolahraga sepeda. FOTO: KHOLIL IBROHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU–Gowes sepeda tua kini menjadi budaya. Semakin hari, olahraga mengayuh sepeda antik itu kian banyak penggemarnya. Bahkan komunitas sepeda tua alias ontel menjamur di wilayah Kecamatan Bongas, Kabupaten Indramayu. Salah satu komunitas yang eksis mengadakan gowes bareng yaitu The Bongas Ontel Sehat (BOS).

Komunitas yang beranggotakan puluhan orang ini, rutin bersepeda ria dua kali dalam seminggu. Mereka menempuh jarak sampai puluhan kilometer sekali gowes. “Akhir pekan dan hari libur kita rutin gowes bareng keliling kampung. Olahraga sambil rekreasi,” kata Kordinator The BOS, Yono kepada Radar Indramayu.

The BOS, ungkap dia, merupakan kumpulan para penggemar sepeda tua dari sejumlah desa di Kecamatan Bongas. Mulai eksis awal tahun 2018, jumlah anggotanya kini mencapai 50 orang. Seiring berjalannya waktu, eksistensi The BOS juga turut mengampanyekan hidup sehat dan peduli lingkungan.

Sebab menurutnya, selain menyehatkan dengan bersepeda juga dapat mengurangi polutan yang membahayakan lingkungan. Bersepeda juga menjadi sarana transportasi yang ramah lingkungan dan hemat energi. Hal itu sekaligus mengampanyekan pentingnya berolahraga bagi masyarakat.

Camat Bongas, Suwenda menambahkan, menjamurnya komunitas penggemar sepeda antik tidak lepas dari semakin membaiknya infrastruktur jalan. Hampir semua jalan kabupaten dan desa di wilayah Kecamatan Bongas dalam kondisi mulus.

“Jadi gowes sepeda juga enak, kalau jalannya rusak mana mau orang bersepeda,” kata Camat yang juga penggemar sepeda tua ini. Memanfaatkan banyaknya komunitas sepeda ontel, pemerintah kecamatan akan gencar mengampanyekan cinta budaya sehat dan hemat energi.

“Insya Allah ke depannya kita nanti dengan jajaran Muspika dan Kuwu akan bergabung bersama komunitas untuk olahraga bersepeda bersama sekaligus mengedukasi pentingnya olahraga untuk hidup sehat,” tandas dia. (kho)

Content Protection by DMCA.com