BRI Makin Intens Edukasi E-Channel

82
Tak perlu datang jauh-jauh ke bank, cukup hanya bermodal smartphone, nasabah bisa melakukan transaksi perbankan. FOTO:ITTA FATIMATUL LAILIYAH/RADAR CIREBON

CIREBON-Era digital turut berpengaruh pada roda bisnis industri jasa keuangan. Jika dulu datang ke bank untuk menabung atau mengajukan kredit, kini semakin banyak produk yang ditawarkan. Hal lain yang paling terasa adalah akses yang semakin mudah, semua serba aplikasi.

Memanfaatkan kecanggihan smartphone, nasabah bisa melakukan transaksi perbankan hanya melalui smartphone, tak perlu datang jauh-jauh ke bank. Bisa cek saldo, bayar tagihan, transfer hingga pembayaran beli online shop.

Pimpinan Cabang BRI Cirebon Kartini Kusdinar Wiraputra mengatakan, saat ini zaman serba digital. Semua transaksi jauh lebih mudah dengan memanfaatkan jaringan internet. Di mana pun dan kapan pun tetap bisa bertransaksi, tak ada lagi alasan bank tutup atau libur. BRI sendiri lewat salah satu produk unggulan Simpedes sudah memberi fasilitas internet banking bagi nasabahnya.

“Kami juga terus edukasi e-channel yang BRI punya, karena belum semua tahu,” katanya kepada Radar Cirebon.

Fasilitas yang kini tengah marak adalah uang elektronik. Ya, Brizzi kini disebar ke semua kantor unit untuk memudahkan masyarakat mendapatkannya. Bayar tol sudah pasti, tetapi Brizzi juga bisa digunakan untuk belanja dan bayar parkir. Brizzi dibanderol Rp20 ribu dan masyarakat bisa langsung melakukan isi ulang (top up) melalui mesin ATM, EDC atau lainnya. Untuk mengedukasi masyarakat tentang e-channel BRI kini pihaknya memilih tempat dengan banyak massa. Seperti halnya yang perdana kali dilakukan dengan memilih pasar pagi di kawasan Bima.

Sementara itu, salah seorang pengguna internet banking, Yayu Sholihah mengaku sangat terbantu untuk berbagai transaksi. Hal-hal kecil namun penting, seperti beli token listrik. Selain itu, Yayu juga terbantu saat belanja online yang menjadi salah satu hobinya. Setelah pesan bisa langsung menyelesaikan transaksi. (tta)