Budiman Sebut Baznas Miliki Peran Sejahterahkan Rakyat

PJ Bupati Cirebon Dr Ir H Dicky Saromi MSc menyerahkan bantuan yang terkumpul tiap tiga bulan kepada yang berhak. FOTO:NUR VIA PAHLAWANITA/RADAR CIREBONPJ Bupati Cirebon Dr Ir H Dicky Saromi MSc menyerahkan bantuan yang terkumpul tiap tiga bulan kepada yang berhak.FOTO:NUR VIA PAHLAWANITA/RADAR CIREBON

CIREBON-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cirebon kembali mendistribusikan infaq, zakat dan shodaqoh (ZIS) kepada masyarakat yang berhak menerima. Penyerahan distribusi pengumpulan zakat selama sebulan terakhir berjumlah Rp587 juta ini, dilakukan Pj Bupati Cirebon Dr Ir Dicky Saromi Msc di Aula Baznas, Rabu (5/12).

Kepada Radar Cirebon, Ketua Baznas Kabupaten Cirebon H Budiman Mahfudz mengatakan, pendistribusian hasil pengumpulan kali ini ialah untuk bantuan Rutisae, Rutilahu, Masjid, Musalla, Beasantri, dan lembaga pendidikan. “Pengumpulan dana ZIS yang terkumpul tiap triwulan langsung distribusikan ke yang berhak. Kami ingin memuzakikan mustahiq,” kata Budiman dalam sambutannya.

Dalam hal ini, pihaknya ingin membantu serta program Pemerintah Kabupaten Cirebon. Di antaranya, mengentaskan kemiskinan dan mensejahterakan masyarakat. “Kami memiliki visi misi itu. Mudah-mudahan bantuan yang terus didistribusikan oleh Baznas membawa berkah dan manfaat,” harap Budiman yang diamini pula Sekretaris Baznas H Ahmad Zaeni Dahlan.

Di tempat yang ama, usai mendistribusikan bantuan ZIS secara simbolis, Pj Bupati Cirebon Dr Ir H icky Saromi berpesan, agar bantuan terus dapat bermanfaat. Dikatakannya, pendistrubisian ZIS, terutama zakat profesi sangat besar. Manfaatnya, apalagi kabupaten Cirebon merupakan daerah termiskin peringkat ke empat dari bawah.

“Untuk Ciayumajakuning setelah Indramayu, Kabupaten Cirebon jumlah angka kemiskinannya cukup tinggi. Makanya melalui lembaga Baznas, lembaga yang diakui dan amanah ini mari kita sisihkan sebagian rezeki kita untuk gemar berzakat, laksanakan salat dan tunaikanlah zakat,” pesannya.

Diakuinya, keberadaan Baznas sangat membantu program Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam pengentasan kemiskinan. Peran Baznas sangat membantu terhadap program pemerintah. Sumber dana yang terkumpul di Baznas salah satunya untuk mengentaskan kemiskinan dan menyejahterakan masyarakat.

“Makanya, saya mengimbau kepada masyarakat beriman, mari laksanakan perintah agama yang salah satunya tunaikan zakat. Semoga yang senantiasa berzakat, rezekinya semakin mengalir dan berkah. Begitupun sang penerima semoga berkah dan bermanfaat,” tandasnya. (via)