Buka Kesempatan Belajar di Jepang

ADINDA PRATIWI/RADAR CIREBONSOSIALISASI: Stiba Invada sosialisasikan sekolah ke Jepang kepada orang tua dan wali program studi Sastra Jepang, Sabtu (10/10).

STIBA Invada Cirebon Gandeng Ichikawa Japanese Language Institute

CIREBON-STIBA Invada Cirebon mengadakan sosialisasi sekolah ke Jepang kepada orang tua dan wali program studi Sastra Jepang, Sabtu (10/10). Acara tersebut mendatangkan orang tua dan wali mahasiswa semester I sampai VII.

Kaprodi Sastra Jepang Citra Dewi MPd mengatakan, sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama yang dilakukan oleh STIBA Invada khususnya Prodi Sastra Jepang dengan Ichikawa Japanese Language Institute yang berada di Provinsi Chiba, Jepang. Kerja sama itu membuka kesempatan pada mahasiswa STIBA Invada untuk mengenyam pendidikan di Negeri Sakura selama satu tahun.      “Sekolah di Jepang ini merupakan program konversi nilai yang ditujukan untuk mahasiswa semester VII dan VIII,” katanya kepada Radar, Senin (12/10).

Dengan satu tahun mahasiswa sekolah di Jepang, dapat menggantikan perkuliahan di Cirebon. Nilai yang mereka dapat di Jepang akan dikonversi ke nilai di STIBA Invada. “Sehingga tidak mengganggu masa studi dan tetap lulus dalam waktu 8 semester,” ujarnya.

Dikatakan Citra, nantinya skripsi mahasiswa akan dilaksanakan di Jepang dengan bimbingan via online. Ada program bimbingan online, sehingga nanti ketika pulang, mahasiswa hanya tinggal ujian sidang skripsi dan pelaksanaan wisuda. “Ini mulai dilakukan tahun akademik 2016/2017,” tuturnya.

Selain belajar, mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman hidup di Jepang dan meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang secara langsung. “Mereka memiliki pengalaman hidup di sana. Jadi ada nilai plus buat mereka yang belajar ke Jepang,” tuturnya.

Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan kualitas lulusan STIBA Invada bisa meningkat. Dikatakan Citra, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk kerja paruh waktu saat mengenyam studi di Jepang. Ada penghasilan 90.000 yen hingga 110 ribu yen sehingga uang tersebut bisa dipakai untuk menabung, biaya hidup dan pembayaran biaya kuliah di semester selanjutnya.

“Kerja sama dengan Ichikawa Japanese Language Institute juga menjadikan STIBA Invada sebagai pusat informasi sekolah di Jepang,” paparnya.

Bagi masyarakat Cirebon yang memiliki minat sekolah di Jepang bisa menghubungi STIBA Invada. Pihaknya akan membantu proses pendaftaran. “Bagi masyarakat umum, program bahasa Jepang ini juga bisa untuk menunjang sekolah atau pekerjaan di Jepang,” jelasnya. (nda/adv)

 

Berita Terkait