oleh

Chris John Pensiun

-Sport-18 views

Setelah Laga Kontra Saucedo Tertunda Lagi
JAKARTA
– Berita mengejutkan dari dunia tinju tanah air. Chris John, petinju tersukses Indonesia, kemarin (14/7) memutuskan pensiun. Dia mengambil keputusan itu saat menyandang gelar super champions kelas bulu (57,1 kg)  WBA.
Tidak ada komentar langsung dari Chris soal keputusannya gantung sarung. Adalah istri Chris, Anna Maria Megawati, yang mengungkapkan itu kepada Jawa Pos (Grup Radar Cirebon)  kemarin.
”Benar, Chris John sudah resmi pensiun. Itu adalah janjinya sejak lama kepada saya dan anak-anaknya,” ucap ibu dua anak itu saat dihubungi tadi malam. ”Ini rencana Tuhan. Kalau Tuhan sudah berkehendak, kita tidak bisa melawan,” lanjutnya.
Selain masih dalam masa emas, belum sekali pun dia kalah. Hal lain yang membuat keputusan pensiun itu begitu mengejutkan adalah rencana pertarungannya melawan David Saucedo pada 26 Juli mendatang. Pertarungan itu sebenarnya direncanakan Mei lalu, namun mundur karena Chris mengalami cedera bahu.
Nah, jadwal pertarungan pada 26 Juli mendatang ternyata juga mundur. Kemarin siang semua sebenarnya masih sesuai dengan rencana. Chris bahkan menghadap Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo di balai kota untuk meminta dukungan.
Setelah kunjungan itu, ada kabar mengejutkan dari asisten manajernya, Tony Priatna. Dia menyatakan, duel tersebut ditunda karena Chris menderita cedera rusuk. ”Kami sudah melaporkan pembatalan duel itu kepada WBA. Ini semua (terjadi) karena masalah teknis,” kata Tony.
Penjelasan Tony itu cukupjanggal. Sebab, kalau kondisi Chris tidak memungkinkan, mengapa mereka menghadap Fauzi Bowo. Bisa jadi, ada masalah lain selain cedera rusuk yang mem buatbatal pertarungan itu.
Kali ini duel petinju berjuluk The Dragon itu memang sarat masalah. Selain rangkaian cedera, dia dihadapkan masalah keuangan. Beberapa waktu lalu Zae nal Thayib, yang menjadi promotor awal, mengundurkan diri. Posisi Zaenal kemudian di gantikan  A.M. Hendro Priyono.
Hal itu juga dibenarkan Anna. ”Saya melihat manajemennya memang kurang bagus, terutama soal kontrak dan bayaran. Tapi, kalau sekarang Chris memutuskan pensiun, itu tidak ada kaitannya dengan pertandingan,” tandas ibu dari Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani itu.
Anna menyatakan sangat khawatir dengan cedera rusuk yang diderita suaminya. Menurut Anna, saat pulang ke Semarang Senin lalu (12/7), Chris sering mengeluhkan sakit. Padahal, sebelum pulang Chris sudah melakukan checkup di salah satu rumah sakit di Jakarta.
Keputusan Chris pensiun bakal menjadi kehilangan besar bagi dunia olahraga tanah air. Sebab, dia adalah salah seorang yang mampu tampil di pentas dunia. Tidak hanya jago kandang, Chris bahkan dua kali mempertahankan gelarnya di Amerika Serikat. Kiblat tinju profesional yang menjadi jujukan petinju-petinju terbaik di dunia. (dri/nar/smu/jpnn/c4/ang)

News Feed