Cirebon Power Menginspirasi Anak lewat Kegiatan Story Telling

578
CERIA: Relawan membacakan buku cerita pendek penemuan teknologi dan inovasi yang diinisiasi Cirebon Power bekerja sama dengan AAET dan PPI. FOTO: JAMAL SUTEJA/RADAR CIREBON

KECERIAAN begitu terasa di Ruang Kelas SDN 1 Mundu Pesisir. Belasan anak-anak antusias menyimak cerita tentang asal-usul inovasi dan teknologi. Cerita-cerita mengenai penemuan kopi, makaroni, kapal terbang dan lainnya, mampu mengubah suasana belajar jadi lebih asyik.

Mumammad Rois Assidiq dan Marsha duduk paling depan. Sesekali keduanya senyum-senyum kecil mendengar cerita dari para relawan.

Metode story telling atau menuturkan cerita yang diinisiasi Cirebon Power membuat siswa menjadi responsif dalam belajar. Apalagi cerita yang disampaikan mengenai inovasi dan teknologi.

Dua siswa kelas 4 SDN 1 Mundu Pesisir itu pun merasakan pengalaman berbeda. Mereka mengikuti pelajaran sekaligus pengetahuan baru dari cerita pendek mengenai penemuan-penemuan.

”Tadi dengar cerita penemuan kopi, makaroni dan kapal terbang,” kata Rois Assidiq, yang berbincang dengan wartawan Radar Cirebon usai mengikuti kegiatan story telling yang digelar belum lama ini.

Siswa yang pergi dari rumah ke sekolah dengan berjalan kaki itu jadi terinspirasi. Dia pun bercita-cita menjadi dokter, karena ingin menolong sesama. “Biar bisa nyembuhin banyak orang,” ucapnya.

Story telling yang dibawakan relawan membuatnya terkesan. Cerita yang disampaikan memudahkannya untuk memahami proses penemuan dan pembuatan barang-barang yang sering ditemui di kehidupan sehari-hari.

Lain lagi dengan Marsha. Rasa penasarannya atas penemuan mi instan dan kopi terjawab sudah. Gara-gara itu, dia ingin jadi chef atau juru masak profesional.

Marsha juga begitu antusias karena sesekali diselingi permainan. “Senang, tadi bisa belajar, bermain, menari, tepuk tangan,” ucap Marsha.

Untuk diketahui, story telling yang dinisiasi Cirebon Pwer bekerja sama dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan ASEAN Academy of Engineering and Technology (AAET). Tujuannya, menumbuhkan semangat inovasi dan kreativitas bagi anak-anak sekolah dasar (jamal)