Cuaca Membaik, Cabai Kini Dijual Rp40 Ribu/Kg

Pedagang sayuran di Pasar Kanoman menyortir cabai, Rabu (6/12). Cuaca buruk membuat sayuran dan beberapa item kepokmas mengalami kenaikan harga. Foto: Okri Riyana/Radar Cirebon

CIREBON  – Hujan lebat yang melanda Kota Cirebon dan sekitarnya, ternyata mempengaruhi harga jual sejumlah komoditi sayuran. Harga cabai sempat menyentuh Rp100 ribu/kg. Salah seorang pedagang sayuran di Pasar Kanoman, Fikoh (46) mengatakan, cuaca buruk menyebabkan cabai sulit didapat.

Stok yang dimiliki pedagang pun menipis dan akhirnya mengimbas pada harga jual. “Ini udah ada berapa hari harganya mulai turun. Sekarang sudah di Rp40 ribu,” ujar Fikoh,  Rabu (6/12).

Selain cabai merah, bawang merah dan putih pun juga mengalami penurunan harga. Yang palig signifikan bawang putih. Semula harganya mencapai Rp80 rib/kg. Kini, harganya jauh membaik di harga Rp25 ribu. Sedangkan bawang merah dari harga Rp35 ribu kini menurun di harga Rp24 ribu. “Gara-gara musim hujan kemarin itu naiknya langsung cepet. Setelah dapat matahari beberapa hari ini jadi mulai balik lagi ke normal harganya,” katanya.

Untuk harga cabai rawit hijau dan cabai hijau relatif stabil. Cabai hijau berada di kisaran Rp20 ribu/kg. Sedangkan cabai rawit hijau di harga Rp25 ribu. Justru yang mengalami kenaikan saat ini ialah tomat. Sempat dijual Rp8 ribu/kg beberapa hari terakhir merangkak naik dan terhitung kemarin dijual Rp14 ribu/kg.

Sedangkan untuk sembako, telur ayam masih mengalami lonjakan harga. Hal tersebut diakui pedagang sembako, Roni (30) karena pengaruh hujan. Dari harga Rp20 ribu, sekarang jadi harga Rp24 ribu. Cuaca  buruk berdampak pada pengiriman stok telur. (myg)