Curug Landung Cigugur, Lebih Tinggi dan Eksotik

Kabupaten Kuningan
OBYEK WISATA BARU: Curug Landung di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. foto: taufik/radarcirebon.com
KUNINGAN – Satu lagi destinasi wisata air terjun di Kabupaten Kuningan yang tak kalah eksotis nan indah yang patut dikunjungi yaitu Curug Landung di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur.
Berada di kaki Gunung Ciremai sebelah selatan, curug ini terbentuk dari aliran sungai Curug Putri yang berada di kawasan objek wisata Palutungan yang berjarak kurang dari 1 Km. Keberadaan air terjun ini pun persis bersebelahan dengan pintu gerbang objek wisata Palutungan sebelah kiri.
Untuk masuk ke objek wisata ini pengunjung dikenakan tarif tiket Rp5.000 saja per orang ditambah parkir yang variatif berdasarkan jenis kendaraannya. Dari pintu loket menuju titik air terjun, kita harus berjalan menuruni jalan setapak dan anak tangga yang berjarak sekitar 200 meter.
Sesuai namanya, Curug Landung yang berarti panjang ini mempunyai ketinggian mencapai 30 meter melebihi Curug Putri yang hanya sekitar 20 meter saja. Di sana pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang indah nan asri sembari merasakan cipratan air yang mengenai wajah dari air terjun yang mengalir deras membentuk aliran sungai jernih behiaskan bebatuan besar yang tersusun rapi oleh alam.
Objek wisata yang baru dibuka untuk umum pada awal tahun 2016 ini, tampaknya mulai dilirik para wisatawan yang penasaran. Karena masih baru, objek wisata Curug Landung pun masih terlihat alami dengan tak ditemukannya goresan-goresan tangan-tangan jahil baik di bebatuan maupun pepohonan.
Pihak pengelola pun kini tengah melakukan banyak penataan dengan membangun sejumlah gazebo, tempat ganti baju hingga kantin. Kehadiran objek wisata alam Curug Landung yang asri dengan pemandangan alam pegunungan yang eksotik ini diyakini akan menjadi salah satu tujuan wisata favorit baru para traveler lokal maupun mancanegara. (taufik)