Cuti Bersama, Layanan E-KTP Tetap Jalan

Kabupaten Majalengka
PENCETAKAN-E-KTPIlustrasi. Foto: Dok. radarcirebon.com

MAJALENGKA – Tidak semua instansi pemerintah libur cuti bersama lebaran Idul Fitri. Seperti halnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Majalengka. Dinas tersebut tetap buka pada hari-hari libur panjang menjelang Idul Fitri.

Kepala Disdukcapil Majalengka Sadili menyatakan, hari-hari libur panjang menjelang ataupun pasca Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, disdukcapil tetap membuka dan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan melakukan pengurusan administrasi kependudukan (adminduk).

“Hal ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan masyarakat yang belum melakukan perekaman E-KTP ataupun urusan administrasi kependudukan lainnya. Jadi bagi masyarakat yang pada saat hari-hari kerja tidak sempat ngurus dokumen administrasi kependudukan, bisa melakukan saat hari libur ini,” ujarnya, Minggu (10/6).

Disdukcapil membuka pelayanan mulai pukul 08.00 sampai dengan selesai. Ini diharapkan bagi masyarakat yang selama ini ada di rantau karena pekerjaan, dan belum sempat mengurus KTP ataupun surat kepindahan, agar bisa memanfaatkan waktu pembuatan administrasi kependudukan.

Untuk jadwal libur sendiri disdukcapil memberikan waktu libur hanya pada libur biasa yakni Sabtu dan Minggu serta hari H Idul Fitri saja atau 15 Juni mendatang. Artinya masih ada waktu cukup di momen libur panjang ini selama tiga hari mulai hari ini hingga Kamis (14/6) mendatang untuk mengurus catatan kependudukan.

“Kami telah atur pembagian tugas untuk seluruh pegawai, sehingga walapun tidak seluruh pegawai hadir, tetapi kami harap dapat memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Majalengka,” ucap Sadili.

Sadili berharap agar masyarakat memanfaatkan layanan di hari libur ini,  terutama wajib KTP baru yang masih belum melakukan perekaman KTP dan atau belum memiliki KTP ataupun Surat Keterangan Pengganti KTP. Diharapkan seluruh wajib KTP memiliki KTP-elektronik atau Surat Keterangan Pengganti KTP,  sehingga seluruh warga dapat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada serentak tanggal 27 Juni yang akan datang. (ono)