Destinasi Wisata Kota Tua Pecinan Jamblang Tunggu Greget Kepala Daerah

KAWASAN-PECINAN-JAMBLANG2
DITATA: Kawasan di Jamblang Kabupaten Cirebon didorong untuk disulap sebagai tempat wisata kota tua. Tampak bangunan tua berdiri kokoh di kawasan itu, kemarin. FOTO: SAMSUL HUDA/RADAR CIREBON

CIREBON – Pemugaran kawasan Pecinan kota  tua di Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon sudah mestinya dilakukan. Sebab, pemerintah desa setempat menjadi motor utamanya.

Sekretaris Disbudparpora Kabupaten Cirebon, R Chaidir Susaliningrat mengatakan, sebetulnya launching kawasan kota tua Jamblang beberapa waktu lalu adalah inisiatif pemerintah desa setempat. Sebab, mereka yang lebih dulu mengkomunikasikan dengan pihak ketiga.

“Meski demikian, kita apresiasi pemerintah desa setempat yang sudah berpikir untuk menampilkan destinasi wisata kota tua di Kecamatan Jamblang,” ujar Chaidir kepada Radar Cirebon, Sabtu (24/8).

Bahkan, kata Chadir, pihaknya kini masih  mengkaji penataan kawasan wisata pecinan Jamblang ini. Namun, kajian itu juga harus didukung dari kebijakan kepala daerah. “Kalau kepala daerahnya greget. Kita juga semangat. Harus ada gebrakan,” terangnya.

Pihaknya mempertimbangkan berbagai potensi yang bisa diterapkan. “Selain ada potensi pecinan juga di situ ada wisata gerabah, sehingga tentunya akan kita padukan agar biar lebih baik lagi penataan kawasan Pecinan Jamblang ini,” imbuhnya.

Mantan Kabag Organisasi Setda Kabupaten Cirebon itu juga menyadari Pemkab Cirebon sudah melihat kawasan Pecinan Jamblang sebagai potensi wisata yang sangat perlu dikembang. “Pak Bupati ingin kawasan Pecinan di Jamblang ini untuk ditata dan dijadikan kawasan kota wisata,” tuturnya.

Chaidir mengungkapkan, banyak sekali potensi kawasan Pecinan Jamblang untuk dijadikan kawasan Wisata. “Kita lihat kawasan Pecinan sebagai kota tua, karena memang banyak sekali bangunan-bangunan tua yang ada disana, terlebih lagi disitu juga menjadi kawasan pecinan yang dimana warga Tionghoa sudah menetap lama di sana,” tuturnya.

Bahkan, lanjutnya, potensi besar untuk dijadikan kota wisata di kawasan Pecinan Jamblang tersebut terdapat kelenteng yang sudah berumur ratusan tahun. “Di situ ada Kelenteng Jamblang berusia sangat tua, bahkan pembangunannya juga sama dengan pembangunan Masjid Agung Sang Cipta Rasa Kasepuhan,” pungkasnya. (sam)

Berita Terkait