Di Operasi Pasar Murah, Masyarakat Bisa Tukar Uang Baru

swn---pasar-murah-BI-(4)KPw Bank Indonesia Cirebon mengadakan operasi pasar murah di halaman Masjid Nurul Amal, Selasa (15/5).FOTO:SRI WAHYU NINGSIH/RADAR CIREBON

CIREBON-Menjelang Ramadan Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Cirebon kembali menyelenggarakan Operasi Pasar Murah (OPM). Bersama dengan stakeholders, yaitu Bulog, PPI, Hiswana Migas, perbankan, dan klaster binaan BI, pasar murah tersebut berlangsung di halaman Masjid Nurul Amal, depan Pasar Perumnas, Selasa dan Rabu (15-16/5).

Sebelumnya, KPw BI Cirebon juga telah melakukan OPM di halaman Keraton Kacirebonan pada awal Mei lalu. “Kami ingin memberikan harga yang terbaik dan terjangkau masyarakat. Di sini lebih murah,” ujar Kepala KPw BI Cirebon Abdul Majid Ikram di lokasi OPM.

Komoditas yang dijual dalam OPM tersebut relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan harga di pasaran.  Telur ayam dibanderol Rp24 ribu/kilogram, terigu merek Terigu Kita Rp7.100/kg, gula pasir Manis Kita Rp11.500/kg, dan minyak goreng Rp11 ribu/liter.

Selain itu, cabai  merah Rp24 ribu/kg dan bawang merah Rp22 ribu/kg. Untuk beras kualitas medium Rp8.600/kg dan kualitas premium Rp9.500/kg. Tersedia pula alat-alat tulis dan buku dengan harga yang terjangkau. Di area OPM tersebut, disediakan juga penukaran uang baru.

“Kalau animonya besar akan dicoba lagi. Terus terang kami menghadapi tantangan terkait dengan lokasi, untuk kegiatan ini di lokasi ini sudah cukup baik. Kalau ini efektif ini akan diadakan kembali,” jelasnya.

Sementara itu, warga Perumnas Gunung, Fitriani mengaku harga barang yang dijual di area OPM jauh lebih terjangkau. Selisih harganya bahkan bisa sampai Rp6 ribu untuk bawang merah. (swn)