Disnakertrans Kabupaten Cirebon Fasilitasi Rekrutmen Tenaga Kerja

Disnakertrans Kabupaten Cirebon melakukan fasilitasi penerimaan tenaga kerja di sejumlah perusahaan, belum lama ini. FOTO:NUR VIA PAHLAWANITA/RADAR CIREBON
Disnakertrans Kabupaten Cirebon melakukan fasilitasi penerimaan tenaga kerja di sejumlah perusahaan, belum lama ini.FOTO:NUR VIA PAHLAWANITA/RADAR CIREBON

CIREBON-Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cirebon memfasilitasi penerimaan tenaga kerja di sejumlah perusahaan. Baru-baru ini, Disnakertrans memfasilitasi rekrutmen pencari kerja bagi perusahaan optik diamond untuk penempatan di Cirebon, Brebes, Tegal dan Pemalang.

Kepala Seksi Informasi Keja Disnakertrans Kabupaten Cirebon Bishop Ibrahim SE menuturkan, seluruh perusahaan di Kabupaten Cirebon bisa melakukan seleksi dan rekrutmen tenaga kerja di instansinya. “Para pencari kerja harus memiliki mental yang kuat jika ingin bersaing di pasar kerja, dan gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya agar mendapatkan hasil yang optimal dan dapat diterima di perusahaan. Proses rekrutmen ini transparan, gratis tanpa dipungut biaya,” ujarnya sambil mengatakan pihaknya juga baru memfasilitasi rekrutmen Pizza PHD, dan Mitra 10.

Lebih lanjut, dikatakan Bishop, Disnakertrans berkomitmen memberikan kemudahan bagi para perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang perusahaan butuhkan. “Kami berkomitmen untuk itu, apalagi kedepan akan dibukanya kawasan industri di wilayah timur Kabupaten Cirebon, ujarnya.

Dijelaskannya, tujuan memfasilitasi rekrutmen tenagaka kerja ini adalah untuk mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Kabupaten Cirebon. “Jumlah penggangguran masih tinggi, sekitar 23 ribuan,” ujar Bishop.

Selain itu, sambungnya, memfasilitasi antara perusahaan, pengusaha dengan pencari kerja guna menghindari terjadinya praktik percaloan. “Ini merupakan antisipasi terjadinya praktik percaloan. Dan kami akan dengan senang hati dan mengharapkan kepada seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Cirebon ini kalau ada penerimaan lowongan dapat dikoordinasikan kepada kami. Kami akan siap memfasilitasi untuk kelancaran proses rekrutmen seperti sekarang ini,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu warga Kabupaten Cirebon, Nurrohman mengaku, terbantu dengan adanya fasilitasi rekruitmen tersebut. Pihaknya berharap, Disnakertrans dapat mempertahankan program-programnya yang memberikan kemudahan akses pelayanan kepada pencari kerja dan perusahaan di dalam memperoleh tenaga kerja yang berkualitas. (via)