Dorong Eks Pasar Jatibarang Jadi Ruang Terbuka Hijau

EKS-PASAR-JATIBARANGSEPI: Kondisi bangunan eks Pasar Jatibarang sepi. Masyarakat Jatibarang mendorong lokasi eks pasar jadi taman kota. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU – Dorongan untuk mengubah eks Pasar Jatibarang menjadi ruang terbuka hijau (RTH) terus menguat. Bukan hanya muncul dari kalangan masyarakat, tetapi juga Pemerintah Desa Jatibarang.

Pasalnya RTH di Jatibarang menjadi harapan masyarakat untuk dijadikan pusat kegiatan masyarakat. Kuwu Jatibarang, Agus Darmawan mengatakan, sebagai pemerintah desa sangat mendorong pemerintah daerah untuk dapat menjadikan lahan eks pasar daerah menjadi lahan RTH atau taman kota di wilayah Jatibarang.

Dia mengatakan, warga sangat menginginkan jika Jatibarang memiliki taman yang bisa menjadi ruang publik. “Jangan sampai pertumbuhan pembangunan di Jatibarang semakin pesat, tapi ruang terbuka hijau makin minim. Untuk itu kita sangat mendorong lokasi Eks Pasar Jatibarang dijadikan taman kota,” ujarnya.

Dorongan itu juga bukan tanpa sebab. Mengingat sebelumnya Pemerintah Kabupaten Indramayu sempat berencana mengubah lahan eks Pasar Jatibarang menjadi taman kota. “Untuk itu kita dorong dan sesuaikan, agar menjadi taman kota sesuai kesepakatan,” jelasnya.

Sementara, Herman (60) sebagai warga Jatibarang berharap, lahan dan bangunan eks Pasar Jatibarang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan dan harapan warga. Saat ini, kata dia, Jatibarang minim tempat bermain anak. Sementara pembangunan lokasi usaha terus muncul.

“Kalu keinginan kami ya bisa dijadikan taman kota atau ruang terbuka hijau. Apalagi lokasinya sangat menunjang karena di tengah-tengah wilayah Jatibarang. Ada di pusat kota, sangat dekat akses stasiun, jadi bisa sebagai tempat hiburan bagi masyakat,” ujarnya.

Kalau nanti sampai terealisasi, Herman berharap keberadaan taman kota itu bisa dipelihara dan dirawat dengan baik. (oni)