Fact Check: Jokowi Bangga Punya 9 Menteri Perempuan dengan Posisi Strategis, Benarkah?

Calon Presiden Joko Widodo membanggakan para menteri perempuan yang ada di kabinetnya saat ini. Hal itu diutarakannya dalam debat saat membahas kesetaraan gender.

Jokowi mengatakan bahwa pihaknya mendukung kesetaraan gender. Buktinya ada beberapa menteri di kabinetnya yang merupakan perempuan.

“Pertama ada Menteri BUMN (Rini Soemarno, Menteri Keuangan (Sri Mulyani), kemudian Mentei LHK (Siti Nurbaya), kemudian menteri yang berani dan nekad Menteri Kelautan dan Perikanan (Susi Pudjiastuti),” terangnya dalam Debat Pilpres 2019 di Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Cek Fakta

Jokowi mengungkapkan terdapat 9 menteri perempuan di Kabinetnya.

Pada debat pertama Pilpres 2019 calon presiden dengan nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mempertanyakan komitmen pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto mengenai pemberdayaan perempuan. Capres nomor urut 01 tersebut juga mengungkapkan jumlah menteri perempuan berjumlah 9 orang.

Berdasarkan data terakhir, Kabinet Kerja Jokowi memiliki 8 menteri perempuan. Menteri perempuan tersebut menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Luar Negeri, Menteri Keuangan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Kelautan dan Perikanan.

Baca: Cek Data Berapa Jumlah Menteri Perempuan di Kabinet Kerja Jokowi

Kemudian Menteri Kesehatan, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Menteri Badan Usaha Milik Negara. Satu menteri perempuan Jokowi, yakni Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa mengundurkan diri untuk mencalonkan menjadi gubernur Jawa Timur. (*)

 

Yuk! Baca Juga, Berita Terkaitnya

Terkini Lainnya