Fonkaci Wadah Anak Suarakan Aspirasi

Kabupaten Cirebon
KEKERASAN ANAKILUSTRASI

CIREBON-Masih maraknya kasus kekerasan terhadap anak, membuat pemerintah perlu menggandeng masyarakat. Tujuannya untuk memberikan pemahaman tentang segala hal yang berkaitan dengan kepentingan anak. Oleh sebab itu, melalui keputusan Bupati Cirebon Nomor 463/Kep.305.a-BPPKB/2013 maka dibentuklah K.

Menurut Kabid PPPA Dinas PPKBP3A Kabupaten Cirebon Hj Wiwin Winarni SSos MSi,  Fonkaci merupakan wadah partisipasi anak untuk menyuarakan aspirasi, ide, gagasan dan pendapat mereka berkaitan dengan seluruh aspek yang berkaitan dengan tumbuh kembang dan kehidupan anak. “Forum ini membuka ruang kritis bagi anak-anak dan tempat mencari penyelesaian yang lebih bermartabat,” tuturnya.

Untuk menghadirkan Fonkaci yang berkualitas, harus ada bimbingan teknis bagi para tutor. Bimbingan ini merupakan ajang pembekalan kepada anak-anak yang sudah tergabung dalam Fonkaci, sekaligus mengajak mereka untuk melaksanakan kewajiban dan tannggungjawabnya sesuai dengan UU No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. “Ada 75 peserta yang berpartisipasi dalam bimbingan teknis tutor sebaya yang diselenggarakan pada Senin (10/9) di Hotel Apita, Kedawung,” imbuhnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini juga merupakan kepedulian pemerintah daerah dan masyarakat terhadap  pemenuhan hak dan perlindungan anak di Kabupaten Cirebon agar anak dapat memiliki pengetahuan, keterampilan dan pemahaman yang komprehensif dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak. Sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air.

Sementara, Plt Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Cirebon H Supadi Priyatna MM mengharapkan Fonkaci mampu mengkomunikasikan pemenuhan hak anak dan kewajiban anak. “Agar anak-anak dapat tumbuh kembang dengan baik yang pada akhirnya dapat mencintai bangsa, negeri, tanah air, menghormati guru dan pemimpin-pemimpinnya, serta sayang pada orang tua dan lingkungannya. Berikan pula pencerahan dan keteladanan, berikan bimbingan terbaik kepada anak-anak kita, agar dapat hidup rukun, sayang kepada sesama dan kepada teman-temannya,” tuturnya. (jun)