Geo Dipa Kebut Pembangunan 4 PLTP untuk Dieng dan Patuha

GEO-DIPADirektur Keuangan PT Geo Dipa Energi, Ikbal Nur. Foto: Istimewa

JAKARTA – PT Geo Dipa Energi segera melanjutkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) Dieng 2,3 dan Patuha 2,3. Geo Dipa juga berkontribusi dalam program pemerintah untuk target bauran energi pembangkit hingga akhir 2025, Energi Baru Terbarukan (EBT) harus dapat porsi 23,0%.

Hal itu disampaikan Direktur Keuangan Geo Dipa Ikbal Nur, BUMN yang bergerak di bidang usaha panas bumi pada acara Buka Bersama dan Silaturahmi bersama jurnalis, Kamis (7/6). Ikbal Nur menyampaikan, Geo Dipa memiliki rencana jangka panjang perusahaan untuk menggarap pembangunan PLTP Patuha Unit 2 dan Unit 3 serta PLTP Dieng Unit 2 dan Unit 3 yang diperkirakan bernilai hampir Rp 10 triliun.

Keempat unit pembangkit listrik ini masing-masing berkapasitas 60 MW, jadi dengan kata lain dengan dibangunnya 4 PLTP akan menyumbang 220 MW untuk negara demi menjaga ketahanan energi nasional. Para calon lender juga bersiap untuk mengucurkan pinjaman-pinjaman mereka, antara lain ADB dan beberapa multilateral bank.

“Sebagai bentuk menjaga Tata Kelola Perusahaan yang baik, integritas dan profesialisme Sumber Daya Manusia, Geo Dipa akan menggandeng KPK, Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Pusat (TP4P) dari Kejaksaan Agung dan pihak-pihak terkait lainnya,” tutur Ikal Nur.

Hal itu dimaksudkan sebagai fungsi pencegahan hal-hal yang berpotensi mengganggu aset negara. Hal ini bagian dari SOP perusahaan pelat merah yang patuh hukum, demi terciptanya akan perusahaan yang tinggi tata kelola, integritas dan profesionalisme sebagai sebuah BUMN. (rls)