Google Doodle HUT ke-74 RI, Ada Sesuatu yang Tersembunyi

Google Doodle hari ini turut merayakan HUT ke-74 RI, lho! (Foto : Istimewa)

Ada yang berbeda ketika kamu hendak merambah Google. Sebuah gambar aktivitas warga tengah memasang bendera dan gapura lengkap dengan tulisan HUT ke-74 RI terpampang. Ya, Google Doodle turut memeriahkan kemerdekaan negeri kita tercinta ini.

Kali ini, tampilannya beda dengan tahun-tahun sebelumnya, bahkan ada sesuatu hal vital yang sangat tersembunyi!

Secara sekilas memang tak terlalu istimewa, masih menampakkan suasana terkait perayaan HUT RI, sebagaimana juga sempat dihadirkan Google Doodle di momen 17 Agustus tahun-tahun sebelumnya.

Masih penuh warna sebagaimana ciri khas Google, Doodle kali memperlihatkan pemandangan di mana sejumlah orang tampak tengah menghias gapura. Warna merah-putih cukup menonjol di gambar itu, mulai dari cat gapura, tulisan HUT ke-74 RI-nya, hingga pada bendera-bendera kecil yang dipasang.

“Warga masyarakat juga bergotong-royong membuat gerbang Gapura, sebagaimana diperlihatkan Doodle hari ini. Gerbang penuh warna ini (biasanya) dibuat dari benda-benda bekas pakai, yang mempercantik pintu masuk ke lingkungan-lingkungan desa mereka dan merayakan Kemerdekaan Indonesia bersama-sama,” tulis pihak Google dalam salah satu bagian penjelasannya.

Pihak Google juga sekalius menginformasikan bahwa Doodle hari ini dibuat khusus oleh seniman atau desainer Indonesia, Hari Prast. Yang menarik, Google bahkan menampilkan sketsa awal rancangan Doodle tersebut di laman penjelasannya.

 

Sketsa awal Google Doodle momen HUT RI untuk 17 Agustus 2019. [Google.com]

Sebagaimana disebutkan di bagian awal tulisan ini, Google Doodle ini memang istimewa dibanding apa yang sudah dibuat dan dimunculkan Google di tahun-tahun sebelumnya. Bahwa ini merupakan karya putra Indonesia, memang cukup istimewa, namun sebelumnya juga sebenarnya sudah pernah.

Hal menarik lain yang menonjol adalah bahwa di antara deretan Google Doodle di momen HUT RI dari tahun ke tahun sejauh ini, baru kali ini menggunakan animasi –meskipun belum termasuk jenis Doodle yang interaktif. Dengan kata lain, gambar Google Doodle kali ini disajikan dalam format GIF.

Namun ada satu hal lain yang lebih istimewa pada Google Doodle kali ini, yang bisa dikatakan termasuk jarang dilakukan Google –bahkan pada edisi peringatan lain secara global. Yaitu kata “Google” yang hampir terlihat tidak ada.

Sebagaimana diketahui, Google Doodle sendiri merupakan permainan ubah tampilan yang jadi ciri khas perusahaan mesin pencari itu terhadap logo atau namanya. Dengan kata lain, berbagai bentuk ilustrasi, dengan variasi warna maupun gaya, ditampilkan sesuai momen tertentu, yang senantiasa menghadirkan nama Google dalam beragam tampilan menarik.

Masalahnya, kenapa sepertinya tidak tampak ada kata “Google” di Doodle versi HUT RI tahun ini atau Indonesia Independence Day 2019 ini? Ke mana perginya, atau apakah kali ini benar-benar tidak ada? Ada yang melihatnya?

Dalam sketsa awal rancangan Google Doodle HUT RI kali ini yang dibagikan pihak Google –seperti terlihat di laman sebelumnya– justru dengan mudah bisa ditemukan kata tersebut. Tapi tidak pada hasil akhirnya, sebagaimana yang sudah tayang hari ini.

Bagi yang kurang peka, mungkin tidak akan sadar bahwa kata itu ada. Namun bagi yang jeli, kata “Google” yang tersembunyi atau sangat tersamarkan itu pasti bisa ditemukan. Dan di situlah istimewanya Google Doodle HUT RI kali ini!

Masih penasaran, atau masih belum menemukan penampakan kata “Google” di Doodle hari ini? Jawabannya (dan ini bukan bocoran dari Google): ada pada kumpulan orang di gambar tersebut. Tepatnya, pada enam orang terdekat dalam gambar, yang warna pakaian serta posisi atau postur tubuhnya sengaja disesuaikan dengan logo Google.

Cobalah perhatikan lagi! Benar kan, di bagian itulah disembunyikan kata “Google” dalam Doodle HUT RI kali ini?

Tampilan Google Doodle di momen HUT RI tanggal 17 Agustus 2019. [Google.com]

Berita Terkait