Gubernur Perintahkan Pj Bupati untuk Kembangkan Potensi Wisata Kabupaten Cirebon

Penjabat Bupati Cirebon Dr Ir Dicky Saromi MSc
Penjabat Bupati Cirebon Dr Ir Dicky Saromi MSc

CIREBON–Penjabat (Pj) Bupati Cirebon Dr Ir H Dicky Saromi MSc mendapatkan mandat dari Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil untuk mengembangkan potensi wisata One Village One Product (OVOP) di Kabupaten Cirebon. Penegasan itu disampaikan Dicky saat kunjungan kerja ke Kantor Kecamatan Susukan, Kamis (17/1).

Dalam sambutannya di hadapan para camat di Kabupaten Cirebon, Dicky menuturkan, menggali potensi wisata setiap daerah di Kabupaten Cirebon tidaklah sulit. Pasalnya, setiap desa mempunyai keunikan dan cirinya masing-masing.

“Tadi kita list hampir semua kecamatan ini mempunyai keunikan dan spesifikasi produknya masing-masing. Kecamatan Ciwaringin dengan batiknya, Kecamatan Arjawinangun ada ITB dan Desa Tegalgubug dengan pasar sandang terbesar se-Asia Tenggara. Kecamatan Gegesik dengan seninya dan masih banyak lagi,” bebernya.

Selain wisata, lanjutnya, kuliner di Cirebon mempunyai pesonanya tersendiri. Dicky mengatakan, pengembangan potensi tersebut terlebih dahulu dilakukan dengan cara menentukan lokasi yang potensial, untuk kemudian mengolaborasikannya secara bersamaan. Konsepnya, selalu dengan melibatkan 3 A. Yaitu Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas.

Namun, diakui Dicky, konsep tersebut memiliki kendalanya tersendiri. Yang paling berpengaruh, adalah permasalahan mengenai dana. Mengatasinya, dengan cara berstrategi yang mengedepankan kreativitas dan kolaborasi dengan melibatkan beberapa unsur.

Di antaranya Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), komunitas, dan anak-anaki milenial pada umumnya. “Jadi mungkin kalau aksesnya belum baik, tapi kalau kreativitasnya kita buat muncul, orang akan datang. Itu yang akan kita lakukan. Kreativitas ini yang sedang kita susun,” terangnya.

Sementara itu, tuan rumah sekaligus moderator acara, Camat Susukan H Abdul Ajid SSos mengatakan, kunjungan kerja Pj Bupati Cirebon dalam rangka pembinaan dan pemberian informasi berkaitan dengan program kerja yang akan dilakukan di tahun 2019. Seperti pelayanan administrasi kependudukan, PPAT, dan lainnya. Selain itu, menyampaikan yang berkaitan dengan pileg dan pilpres, berkaitan dengan menjaga kondusivitas dan netralitas seorang camat.

“Kecamatan Susukan kan ada di wilayah barat Kabupaten Cirebon dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Indramayu. Selain itu juga yang berkaitan dengan bencana angin besar yang belum lama melanda Desa Luwung Kencana (Kecamatan Susukan, red). Dan 7 desa lainnya yang berdampak akibat meluapnya Sungai Ciwaringin,” paparnya. (ade)

Yuk! Baca Juga, Berita Terkaitnya

Terkini Lainnya