H-2 Puncak Mudik Kereta Api

H-2 Puncak Mudik Kereta Api - Radar Cirebon

CIREBON–Mendekati lebaran, seluruh moda transportasi sedang ramai-ramainya. Tak terkecuali kereta api. H-3 lebaran jumlah penumpang yang turun dari arah Jakarta saja sudah mencapai 8.649 orang. Peningkatan tersebut diperkirakan akan terus meningkat sampai prediksi puncak pemudik di H-2 Lebaran nanti.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Derah Operasional (Daops) III Cirebon Krisbiyantoro mengatakan, jumlah pemudik akan terus meningkat sampai H-2 Lebaran yang diperkirakan akan menjadi puncaknya. Angka 8.469 penumpang tersebut tercatat hingga pukul 14.00 WIB. Diperkirakan akan terus meningkat hingga akhir pendataan pukul 00.00.

“Diperkirakan meningkat dibandingkan dengan hari yang sama di tahun yang lalu. Terbukti di hari H-3 sampai hari ini peningkatan 17 persen,” ujar Kris, kepada Radar Cirebon.

Sementara itu, kedatangan penumpang di 12 stasiun yang tersebar di wilayah Daops III Cirebon paling banyak pada H-5 lebaran dengan jumlah data sebanyak 9.136 orang. Namun untuk data keseluruhan yang dihitung sejak H-10 sampai H-3 pukul 14.00 terhitung sebanyak 60.062 penumpang telah turun di 12 stasiun yang tersebar di wilayah Daop III Cirebon. “Untuk puncak kedatangan pemudik sendiri kami perkirakan akan terjadi di H-2 lebaran. Sebanyak 10 ribu orang yang datang,” katanya.

Kedatangan penumpang di stasiun Daop III Cirebon pada hari Idul Fitri juga diperkirakan masih tinggi. Prediksi tersebut mengacu pada data dan moda transportasi kereta api yang masih jadi pilihan masyarakat saat ini. Kereta api masih dipilih penumpang jarak jauh sebagai moda transportasi mudik. (myg)

Komentar Pembaca