Hacker Bajak Website Pemkab Ponorogo, Gambar Berbendera dan Berbahasa Turki

78
Tampilan website milik Pemkab Ponorogo saat Dibajak Hacker. FOTO: JPNN.COM

PONOROGO- Hacker telah melakukan serangan dan perusakan terhadap website resmi Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Jatim. Hal ini membuat semua website milik Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) menjadi tidak bisa diakses.

Dalam beberapa website resmi milik SKPD tersebut, hanya muncul sebuah konten, gambar dan animasi berbahasa asing (Turki). Selain itu, juga di website SKPD lain, ada konten berbahasa Indonesia, dengan pembahasan terkait korupsi.

Menurut Handris Kurlu, ahli IT sebuah admin website yang kurang perawatan memang mudah di-hack. “Meski hanya merusak sebuah sistem website saja, tapi tidak menutup kemungkinan hacker tersebut bisa masuk ke dalam sistem database sebuah intansi, jika sistemnya terintergrasi dengan website yang dimiliki oleh instansi pemerintah tersebut,” tutur penyedia jasa website dan server tersebut.

Sementara itu Dinas Kependudukan Kabupaten Ponorogo, tetap melakukan pelayanan seperti biasa, meski website-nya juga ikut terkena serangan hacker. “Database juga masih aman, karena terpisah dengan sistem website yang dimilikinya,” kata Endang Retno Wulandari, Kepala Dispendukcapil. (end/jpnn)

 

BAGIKAN