Harga Tiket Rute Penerbangan Domestik Resmi Diturunkan

Harga tiket pesawat, khususnya untuk penerbangan domestik, segera diturunkan oleh sejumlah maskapai. Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (Indonesia National Carriers Association atau INACA) menyatakan anggotanya telah bersepakat untuk menurunkan harga tiket pesawat terbang.

“Kami berkomitmen untuk menurunkan harga tiket. Kami sejak minggu lalu, khususnya Jumat, sudah menurunkan [sebagian] tarif harga [tiket penerbangan] domestik,” kata Ketua INACA, Ari Ashkara dalam jumpa pers di Jakarta pada Minggu (13/1/2019), dilansir Antara.

Keputusan INACA tersebut muncul setelah harga tiket pesawat sempat melambung beberapa waktu belakangan. Banyak penumpang mengeluhkan hal ini.

Sejumlah warga Aceh bahkan dikabarkan lebih memilih transit ke Malaysia dalam penerbangan menuju ke Jakarta untuk menghemat biaya perjalanan.

Hal ini karena harga tiket penerbangan berbiaya rendah jalur Banda Aceh-Malaysia-Jakarta jauh lebih murah ketimbang penerbangan langsung Banda Aceh-Jakarta. Banyak warga Aceh pun rela membuat paspor untuk bisa transit di Malaysia.

Menurut Ari Ashkara, beberapa tarif penerbangan domestik sudah turun sejak Jumat. Di antaranya, dia mencontohkan, rute Jakarta-Denpasar, Jakarta-Yogyakarta, Bandung-Denpasar, dan Jakarta-Surabaya.

Mulai hari ini atau besok, kata Ari, maskapai penerbangan juga akan menurunkan harga tiket pesawat untuk rute domestik lain, seperti Jakarta-Padang, Jakarta Pontianak, dan Jakarta-Jayapura.

Ari Ashkara menjelaskan keputusan organisasinya untuk menurunkan tiket pesawat diambil setelah ada komitmen positif dari lembaga yang berkaitan dengan penerbangan: PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), Airnav, dan PT Pertamina (Persero).

Selain itu, anggota INACA juga mempertimbangkan keluhan masyarakat atas tingginya harga tiket penerbangan.

“Walaupun di tengah kesulitan maskapai nasional yang ada, kami lebih mendengar keluhan masyarakat tentang harga tiket,” kata dia. (*)

Konferensi INACA hari ini juga dihadiri perwakilan sejumlah maskapai penerbangan, baik BUMN maupun swasta, seperti Garuda Indonesia, Airasia, Sriwijaya Group, Lion Air Group, dan Citilink.

Yuk! Baca Juga, Berita Terkaitnya

Terkini Lainnya